- Home
- Vol 1, No 1 (2020)
- Rahmiati
Peningkatan Pengetahuan Keterampilan Rias dan Busana Fantasi bagi Guru -Guru SLB di Sinjujung dan Dhamasraya untuk Meningkatkan Kompetensi dalam Proses Pembelajaran
Rahmiati Rahmiati
(1), Hayatunnufus Hayatunnufus
(2), Mimi Yufelmi
(3),
(1) Universitas Negeri Padang 
 Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 
 Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang 
 Indonesia
Corresponding Author
DOI :
https://doi.org/10.24036/00971068
Full Text:
Language :
Abstract
Permasalahan yang dihadapi mitra adalah latar belakang pendidikan guru-guru dari Sekolah Luar Biasa tidak pada bidang tata rias dan kecantikan sehingga dalam proses pembelajaran guru belum mampu untuk membimbing siswa melakukan praktek di bidang tata rias khususnya rias fantasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SLB tentang rias dan busana fantasi, 2) Meningkatkan mutu proses pengaplikasi kosmetik pada rias fantasi, sehingga dapat bermanfaat dalam proses pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus dalam merias fantasi. Sasaran mitra PKM adalah guru-guru SLB Sijujung dan Dharmasraya dengan jumlah peserta 15 orang dari lima SLB. Kegiatan ini dilaksanakan di SLB Aisyiyah Sijunjung. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, dilanjutkan latihan/praktek oleh peserta dengan latihan perkelompok secara bergantian utk meningkatkan keterampilan dan melakukan bimbingan terhadap peserta. Hasil dari Kegiatan ini, (1) peserta telah mampu memahami pengetahuan dan keterampilan dalam merias dan busana Fantasi, (2) Terampil dalam mengaplikasikan make-up fantasi dan busana fantasi, serta mampu mempromosikan keterampilannya untuk dapat dijadikan suatu usaha. Dari hasil sebaran angket yang diberikan kepada peserta pelatihan tingkat capaian terhadap penyelenggaraan PKM 77% dengan kategori baik, sedangkan capaian terhadap kepuasan peserta terhadap pelatihan PKM 86 % dengan kategori sangat puas.
References
Anderson, D., Kleinhammer-Tramill, P. J., Morningstar, M. E., Lehmann, J., Bassett, D., Kohler, P., ... & Wehmeyer, M. (2003). What's happening in personnel preparation in transition? A national survey. Career Development for Exceptional Individuals, 26(2), 145-160.
Astuti, M. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN RIAS PENGANTIN DAN MAHENDI PADA KELOMPOK SADAR WISATA IKAN SAKTI SUNGAI JANIAH KANAGARIAN TABEK PANJANG, KECAMATAN BASO, KABUPATEN AGAM. UNES Journal of Community Service, 3(2), 181-187.
Blanchett, W. J. (2001). Importance of teacher transition competencies as rated by special educators. Teacher Education and Special Education, 24, 3 – 12.
Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Bumi Aksara.
Santosa, Eko. (2008). Seni teater jilid II. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Soerjopranoto, D. M., & Poerwosoenoe, T. (1984). Tata Rias Wajah siang, sore, malam, panggung dan fantasi. Jakarta: Karya Utama.
Nasional, K. P. (2009). Undang-undang sistem pendidikan nasional no 20 tahun 2003. Bandung: Fokus Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.