Pemberdayaan Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Inklusif berbasis kearifan Lokal di Sekolah Dasar Sulit Air Solok

Nurhastuti Nurhastuti(1), Damri Damri(2), Ardisal Ardisal(3), Syari Yuliana(4), Mardhatillah Zulpiani(5), Grahita Kusumastuti(6),
(1) Padang State Universtity  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Nurhastuti Nurhastuti, Damri Damri, Ardisal Ardisal, Syari Yuliana, Mardhatillah Zulpiani, Grahita Kusumastuti

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06480

Abstract


Pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal penting untuk memperluas akses pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), terutama di daerah seperti Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan guru, fasilitas, dan pemanfaatan budaya lokal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan pendidikan inklusif berbasis nilai budaya Minangkabau. Metode yang digunakan berupa sosialisasi, pelatihan, simulasi pembelajaran, dan pendampingan. Evaluasi dilakukan dengan desain one group pretest-posttest terhadap 30 guru dari 15 Sekolah Dasar. Hasil menunjukkan rata-rata skor pretest 60,5 meningkat menjadi 97,5 pada posttest. Uji paired sample t-test membuktikan perbedaan signifikan (t(30) = 3,38; p = 0,002). Temuan ini menegaskan bahwa program berhasil meningkatkan kompetensi guru sekaligus mendorong lahirnya rancangan pembelajaran berbasis budaya lokal. Model ini berpotensi menjadi praktik baik dalam pengembangan pendidikan inklusif di Kabupaten Solok.


Keywords


pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus, kearifan lokal, sekolah dasar,

References


Ainscow, M. (2020). Promoting inclusion and equity in education: lessons from international experiences. Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 6(1), 7–16. https://doi.org/10.1080/20020317.2020.1729587

Alti, W. (2020). Pendidikan Inklusi Berbasis Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Alam Minangkabau Kota Padang Sumatera Barat. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(3), 172–179. https://doi.org/10.24036/csjar.v1i3.28

Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706

Booth, T., & Ainscow, M. (2016). The index for inclusion: A guide to school development led by inclusive values (4th ed.). Cambridge: Centre for Studies on Inclusives Education (CSIE).

Dinas Pendidikan Kabupaten Solok. (2023). Laporan Data Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Nagari Sulit Air. Solok: Dinas Pendidikan.

Kemendikbud. (2022). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Miles, S., & Singal, N. (2019). The Education for All and inclusive education debate: Conflict, contradiction or opportunity? International Journal of Inclusive Education, 14(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/13603110802265125

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11–22.

Navis, A. (2015). Alam Takambang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Gramedia.

Pujaningsih, E. (2021). Tantangan pelaksanaan pendidikan inklusif di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(3), 200–210.

UNESCO. (2020). Global education monitoring report: Inclusion and education – All means all. Paris: UNESCO Publishing.

UNICEF. (2021). Ensuring inclusive and equitable quality education: Sustainable Development Goal 4. New York: UNICEF.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurhastuti Nurhastuti, Damri Damri, Ardisal Ardisal, Syari Yuliana, Mardhatillah Zulpiani, Grahita Kusumastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.