Reward Penguat Motivasi Anak untuk Berliterasi

Siti Fatimah(1), Agustina Agustina(2), Zafri Zafri(3), Hera Astuti(4), Wulandari Dwianty Putri(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Siti Fatimah, Agustina Agustina, Zafri Zafri, Hera Astuti, Wulandari Dwianty Putri

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02940

Full Text:    Language : ina

Abstract


Kawasan Mandeh adalah kawasan wisata yang sangat diminati oleh wisatawan baik itu wisatawan dalam maupun luar negeri. Salah satu nagari yang gencar dipromosikan yakni Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie Mudiak Aie. Agar pariwisata di nagari ini dapat berkembang, maka diperlukan generasi muda yang dapat mengembangkan potensi pariwisata Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie. Maka, perlu untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak di nagari tersebut. Untuk itu, tim pengabdian LP2M Universitas Negeri Padang telah memberikan pelatihan literasi kepada anak-anak yang sudah bisa membaca dan menulis yang  berusia antara 9-12 tahun. Dalam kegiatan tersebut, ditemukan bahwa anak perempuan cenderung lebih aktif bersuara dan tampil daripada anak laki-laki. Tim pengabdian berinisiatif memberikan reward kepada yang mendapatkan juara kelas dari rangking 1-3. Tujuan kegiatan ini (1) memberikan penguatan (Reinforcement) kepada anak-anak berliterasi lebih giat, (2) menjadikan Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie sebagai salah satu daerah di kawasan Mandeh menjadi kawasan wisata yang berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah metode intervensi sosial. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) dengan diberikannya reward adanya peningkatan motivasi dan kemampuan anak-anak untuk berliterasi, (2) meningkatkan rasa percaya diri anak untuk dapat memandu wisatawan yang berkunjung ke nagari mereka.

Keywords


reward, Reinforcement, learning, motivasi, dan literasi

References


Alma, B. (2009). Guru profesional menguasai metode dan terampil mengajar. Bandung: Alfabeta.

Anwar, A. M. (2022). Pemberian Penguatan (Reinforcement) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas XI Desain Grafis di Smk Bina Banua Banjarmasin. Journal of Islamic Education Policy, 7(1).

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-34.

Danim, S. (2012). Pengembangan profesi guru. Prenada Media.

Dimyanti, M. (2006). Belajar dan Pembelajarannya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Teaching and learning strategies. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781-90.

Fatimah, S. (2015). Report" Planning for Mandeh Tourism Planning (Mandeh Masterplan). Pesisir Selatan: Agency For Regional Development District Pesisir Selatan.

Fatimah, S., Agustina, A., Zafri, Z., & Hastuti, H. (2020). Nagari Literasi Sebagai Pendukung Sustainable Tourism Sungai Nyalo, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jurnal Suluah Komunitas, 1(2), 62-70.

Fatimah, S., & Ramadhan, D. (2019). Sustainable tourism integrated tourism area based on culture and local wisdom at Mandeh Area. International Journal of Tourism, Heritage and Recreation Sport, 1(1), 1-7.

Fatimah, S., Syafrini, D., & Zainul, R. (2021). Rendang lokan: history, symbol of cultural identity, and food adaptation of Minangkabau tribe in West Sumatra, Indonesia. Journal of Ethnic Foods, 8(1), 1-10.

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 93-102.

Googlemaps. (2022). https://www.google.co.id/maps/@-1.056302,100.4780426,10.79z

Gredler, M. E. (1997). Learning and instruction: Theory into practice. Prentice Hall.

H Djaali, D. (2007). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Hakim, T. (2000). Belajar Secara Efisien. Jakarta: Puspa Suara.

Hamalik, O. (2020). Psikologi belajar dan mengajar.

Huitt, W. (2001). Motivation to learn: An overview. Educational psychology interactive, 12(3), 29-36.

Lepper, M. R. (1988). Motivational considerations in the study of instruction. Cognition and instruction, 5(4), 289-309.

Mangkuprawira, S., & Hubeis, A. V. (2007). Manajemen mutu sumber daya manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Melinda, I. (2018). Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas IV A SDN Merak I pada mata pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81-6.

Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie. (2022). Data Demografi Berdasar Pekerjaan. Retrieved 10 April from https://sungainyalomudiakaia.pesisirselatankab.go.id/index.php/first/statistik/1

Nuruddin, N. (2022). Aksentuasi Reinforcement Bagi Siswa Sekolah Dasar. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).

Purwanto, M. N. (2006). Psikologi Pendidikan. cetakan kelima. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, R. E. (2020). Traditional Fishermen in the Development of the Coastal Tourism Area in Sumatera Barat. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 12(1), 86-97.

Rasto. (2015). Pembelajaran Mikro: Mengembangkan Ketrampilan Mengajar Guru Profesional. Alfabeta.

Rasyidin, A. (2008). Falsafah Pendidikan Islami. Perdana Publishing.

Sardiman, A. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (cetakan ke 22). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar.

Sulthon, M. (2009). Membangun semangat kerja guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Suryabrata, S. (2013). Psikologi Pendidikan (cet. XIX). Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, M. (2013). Psikologi belajar.

Usman, H. (2013). Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Fatimah, Agustina Agustina, Zafri Zafri, Hera Astuti, Wulandari Dwianty Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.