Pendampingan Anak Dengan Hambatan Emosi dan Perilaku di Rusunawa Jatinegara Kaum Jakarta Timur

Siti Nuraini Purnamawati(1), Hartini Nara(2), Erfan Kurniawan(3), Raihan Widiatmoko(4), Mailie Chesarini(5), Muhammad Bagus Prasetyo(6),
(1) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(4) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(5) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(6) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Siti Nuraini Purnamawati, Hartini Nara, Erfan Kurniawan, Raihan Widiatmoko, Mailie Chesarini, Muhammad Bagus Prasetyo

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02800

Full Text:    Language : ind

Abstract


Anak-anak yang tinggal di wilayah Rusunawa Jatinegara Kaum berasal dari kalangan menengah ke bawah, pindahan dari daerah yang tidak layak huni di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Mereka yang terdiri dari tingkat PAUD sampai dengan SMA ini sering berperilaku  tidak sesuai dengan norma yang ada seperti melanggar aturan, bicara bahasa “kotor” dan kasar, membolos sekolah dan tawuran serta belajar tambahan dengan relawan guru yang terdiri dari para mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang tergabung dalam Community Development (Comdev) binaan dari FIP UNJ. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada anak-anak ini maka dilakukan kegiatan Pendampingan kepada orangtua dan relawan guru. Metode yang dilakukan adalah dengan FGD bersama para orangtua dan relawan guru serta pemberian konsultasi kepada mereka. Hasilnya adalah adalah terbentuknya pola pemahaman dari para partisipan kepada permasalahan anak-anak yang mengalami hambatan emosi dan gangguan perilaku. Selanjutnya mereka juga menyadari tentang pola pengasuhan yang mereka lakukan terhadap anak mereka belum tentu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anak mereka.

Keywords


Pendampingan, Anak Berkebutuhan Khusus, Hambatan Emosi dan Perilaku

References


Bisjoe, Achmad Rizal H. 2018. “Menjaring Data Dan Informasi Penelitian Melalui Focus Group Discussion(FGD): Belajar Dari Praktek Lapangan.” Info Teknis EBONI 15(1):17–28.

Colman, Helen. 2022. “6 Adult Learning Theories and How to Put Them into Practice.” Ispring. Retrieved (https://www.ispringsolutions.com/blog/adult-learning-theories).

Fayaz, Irfan. 2019. “Child Abuse: Effects and Preventive Measures.” The International Journal If Indian Psychology 7(2):871–84. doi: 10.25215/0702.105.

Individuals with Disabilities Act, (2017), https://sites.ed.gov/idea/regs/b/a/300.8/c/4

LISBDNETWORK (2022), Behavioural disorders: meaning and types, https://www.lisedunetwork.com/behavioural-disorders/

Loeng, Svein. 2018. “Various Ways of Understanding the Concept of Andragogy.” Cogent Education 5(1):1–15. doi: 10.1080/2331186X.2018.1496643.

Pappas, Christopher. 2018. “The Adult Learning Theory - Andragogy - of Malcolm Knowles.” ELearning Industry. Retrieved (https://elearningindustry.com/the-adult-learning-theory-andragogy-of-malcolm-knowles).

PsychGuides, An American Addiction Centers Resource (2022), Behavioral Disorder Symptoms, Causes and Effects, https://www.psychguides.com/behavioral-disorders/

Waluyati, Made. 2020. “Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Edutech Undiksha 8(1):80. doi: 10.23887/jeu.v8i1.27089.

Wikipedia. 2022. “Pendampingan.” Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Retrieved (https://id.wikipedia.org/wiki/Pendampingan).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Nuraini Purnamawati, Hartini Nara, Erfan Kurniawan, Raihan Widiatmoko, Mailie Chesarini, Muhammad Bagus Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.