Pendampingan Orang Tua dan Guru Tentang Anak Lamban Belajar Serta Asesmen Membaca dan Menulis

Indina Tarjiah(1), Asep Supena(2), Erfan Kurniawan(3),
(1) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Indina Tarjiah, Asep Supena, Erfan Kurniawan

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02780

Full Text:    Language : ind

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan lanjutan dari tahun 2021 yang telah berhasil mengidentifikasi 14 dari 51 anak berkebutuhan khusus untuk dilakukan asesmen dan pendampingan orang tua di TPA AL-Hidayah Rusunawa Jatinegara Kaum Jakarta Timur. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua dan guru melalui kegiatan pendampingan tentang anak lamban belajar serta asesmen membaca dan menulis, Metode yang digunakan dalam pendampingan adalah ceramah, focus group discussion, tanya jawab, sedangkan dalam kegiatan asesmen metode yang digunakan observasi, wawancara, tanya jawab, tes. Hasil yang diperoleh dari pendampingan ini adalah terbentuknya pengetahuan dan pemahaman orang tua dan guru tentang anak lamban belajar dengan karakteristik kognitif, akademik, emosi, dan sosial. Kemudian perlunya bantuan orang tua dalam mengarahkan, membimbing putra-putrinya dalam aktivitas akademiknya, sehingga mampu menumbukan sikap dan perilaku yang kondusif. hasil asesmen membaca dan menulis pada 14 anak yang terindikasi lamban belajar ditemukan bahwa 3 dari 14 anak mengalami kesulitan dalam mengenal huruf jika huruf tersebut diacak. 6 dari 14 anak kesulitan untuk membedakan huruf yang bentuknya hampir mirip seperti huruf U-V, u-n, b-d-p, m-w, dan u-y. 6 dari 14 anak bermasalah dalam aspek ketepatan membaca. 2 anak kurang lancar membaca kalimat dan kata yang berakhiran huruf r maupun n, serta saat membaca kata "Air" terbalik menjadi "Ari". 4 anak sudah duduk di kelas 1 SD tetapi belum bisa membaca dengan baik.

Keywords


Pendampingan; Anak Lamban Belajar; Asesmen

References


Abdhul, Yusuf. 2022. “Metode Ceramah: Pengertian, Kelebihan Dan Jenisnya.” Deepublish. Retrieved (https://penerbitbukudeepublish.com/metode-ceramah/).

Bisjoe, Achmad Rizal H. 2018. “Menjaring Data Dan Informasi Penelitian Melalui Focus Group Discussion(FGD): Belajar Dari Praktek Lapangan.” Info Teknis EBONI 14(1):17–28.

Chudzaifah, Ibnu, Afroh Nailil Hikmah, and Auliya Pramudiani. 2021. “Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi Dan Masyarakat Dalam Membangun Peradaban.” Al-Khidmah 1(1):79–91.

Lian, Bukman. 2019. “Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 2:999–1014.

Novel, Interjeksi Dalam, Karya Andrea Hirata, D. A. N. Implikasinya, Terhadap Pembelajaran, Sastra Didaktis, Dalam Film-film Indonesia, Pendekatan Kreativitas, Dalam Peningkatan, Literasi Pelajar, Kajian Model, Pembelajaran Investigasi, Nilai Moral, Dalam Novel, Karya E. K. A. Kurniawan, Membangun Budaya, Literasi Melalui, Tradisi Untuk, Keterampilan Berbahasa, D. A. N. Sastra, Bentuk Kata, D. A. N. Referensi, Frasa Pernyataan, Dalam Bahasa Sunda, Pengaruh Model Pembelajaran, Dengan Setting, Diskusi Terhadap, Kemampuan Memahami, and Model Pembelajaran. 2019. “Diskusi Kelompok Terpumpun Sebagai Upaya Pemerolehan Kosakata Baru Dalam Bahasa Indonesia.” Pp. 247–54 in Diskusi Kelompok Terpumpun Sebagai Upaya Pemerolehan Kosakata Baru Dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Riksa Bahasa.

Prasanti, Ditha. 2018. “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan.” LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 6(1):13–21. doi: 10.30656/lontar.v6i1.645.

Puri, Devi. 2021. “Mengenal Apa Itu Performance Testing Beserta Dengan Toolsnya.” Binus University School. Retrieved (https://sis.binus.ac.id/2021/09/14/mengenal-apa-itu-performance-testing-beserta-dengan-toolsnya/#:~:text=Performance Testing adalah suatu proses,dalam kondisi load yang tinggi.).

Ristekdikti. 2019. “Asesmen Beban Kerja Dosen Dalam Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.” 1–50.

Syafnidawaty. 2020. “Observasi.” Universitas Raharja. Retrieved (https://raharja.ac.id/2020/11/10/observasi/).

Syihaabul Hudaa. 2019. “Diskusi Kelompok Terpumpun Sebagai Upaya Pemerolehan Kosakata Baru Dalam Bahasa Indonesia.” Jurnal Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 2(1B):180. doi: https://doi.org/10.17509/rb.v5i2.21763.g10676.

Tarjiah, Indina, Asep Supena, and Erfan Kurniawan. 2022. “Pendampingan Orang Tua Dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Di Rumah Susun Jatinegara Kaum Jakarta Timur.” Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 22(1):25–40. doi: 10.24036/sb.01980.

Togar Simajuntak, Sean, and Caecilia Tri Wahyuni. 2021. “Analisis Kinerja Dosen Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Di.” Tri WahyuniJenius 5(1):86–101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indina Tarjiah, Asep Supena, Erfan Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.