Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan lanjutan dari tahun 2021 yang telah berhasil mengidentifikasi 14 dari 51 anak berkebutuhan khusus untuk dilakukan asesmen dan pendampingan orang tua di TPA AL-Hidayah Rusunawa Jatinegara Kaum Jakarta Timur. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua dan guru melalui kegiatan pendampingan tentang anak lamban belajar serta asesmen membaca dan menulis, Metode yang digunakan dalam pendampingan adalah ceramah, focus group discussion, tanya jawab, sedangkan dalam kegiatan asesmen metode yang digunakan observasi, wawancara, tanya jawab, tes. Hasil yang diperoleh dari pendampingan ini adalah terbentuknya pengetahuan dan pemahaman orang tua dan guru tentang anak lamban belajar dengan karakteristik kognitif, akademik, emosi, dan sosial. Kemudian perlunya bantuan orang tua dalam mengarahkan, membimbing putra-putrinya dalam aktivitas akademiknya, sehingga mampu menumbukan sikap dan perilaku yang kondusif. hasil asesmen membaca dan menulis pada 14 anak yang terindikasi lamban belajar ditemukan bahwa 3 dari 14 anak mengalami kesulitan dalam mengenal huruf jika huruf tersebut diacak. 6 dari 14 anak kesulitan untuk membedakan huruf yang bentuknya hampir mirip seperti huruf U-V, u-n, b-d-p, m-w, dan u-y. 6 dari 14 anak bermasalah dalam aspek ketepatan membaca. 2 anak kurang lancar membaca kalimat dan kata yang berakhiran huruf r maupun n, serta saat membaca kata "Air" terbalik menjadi "Ari". 4 anak sudah duduk di kelas 1 SD tetapi belum bisa membaca dengan baik.

Keywords


Pendampingan; Anak Lamban Belajar; Asesmen