Pemberdayaan Pengrajin Batik Untuk Optimalisasi Produk Unggulan Batik Minang Berbasis Kearifan Lokal

Agus Irianto(1), Agusti Efi(2), Friyatmi Friyatmi(3), Jean Elikal Marna(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri padang 
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Agus Irianto, Agusti Efi, Friyatmi Friyatmi, Jean Elikal Marna

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02430

Full Text:    Language : en

Abstract


Batik Minang memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi produk unggulan daerah Sumatera Barat, namun sayangnya masih terdapat berbagai hambatan yang dialami oleh kelompok pengrajin batik untuk mewujudkan hal tersebut baik itu dalam aspek produksi aspek produksi, pemasaran, maupun keuangan. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam meminimalisir masalah yang muncul adalah dengan melatih pengrajin batik dengan skill disain dan inovasi motif batik berbasis kearifan local dan disain brand usaha mitra. Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah ini melibatkan sebelas orang pengrajin batik di Sumatera Barat yang dilaksanakan dengan metode observasi, demonstrasi, pelatihan, latihan terbimbing, praktek, FGD, dan brainstorming. Hasil kegiatan pengabdian dapat dikatakan efektif karena telah mencapai tujuan dari kegiatan ini. Hasil pelatihan memberikan skill nyata kepada mitra terhadap disain dan inovasi motif batik berbasis kearifan lokal. Mitra juga telah memiliki brand usaha yang dapat menjadi identitas sehingga aspek pemasaran produk batik Minang dapat lebih dioptimalkan.

Keywords


batik Minang, kearifan local, pemberdayaan.

References


Handayani, W. (2018). Pedagogi estetik berbasis kearifan lokal melalui kriya nusantara batik cianjur. Journal of Urban Society's Arts, 5(2), 59-65.

Hardininingtyas, D., Tama, I. P., Eunike, A., & Andriani, D. P. (2016). Studi faktor kansei pada produk berbasis kearifan lokal (studi kasus: batik malangan). Journal of Engineering and Management in Industrial System, 4(2), 151-160.

Nurcahyanti, D., & Affanti, T. B. (2018). Pengembangan Desain Batik Kontemporer Berbasis Potensi Daerah dan Kearifan Lokal. Jurnal Sosioteknologi, 17(3), 391-402.

Septian, N., Malik, Y. A., Saijunus, M., Rohaeni, N., & Rukmana, R. M. (2021, September). Pendampingan Usaha Batik Banyu Amarta Melalui Pembuatan Media Promosi Produk Batik. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 83-90).

Wahmuda, F., & Hidayat, M. J. (2020). Redesain Logo dan Media Promosi Sebagai Citra Produk Makanan Ringan UKM Benok. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 147-159


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Irianto, Agusti Efi, Friyatmi Friyatmi, Jean Elikal Marna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.