Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Media Pembelajaran Programmed Fuel Injection

Ahmad Arif(1), Milana Milana(2), Toto Sugiarto(3), Wawan Purwanto(4), Nuzul Hidayat(5),
(1) Jurusan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Jurusan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Jurusan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Jurusan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Jurusan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Ahmad Arif, Milana Milana, Toto Sugiarto, Wawan Purwanto, Nuzul Hidayat

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02190

Full Text:    Language : en

Abstract


SMK memiliki peran dalam peningkatan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, dan keterampilan sebagai bekal untuk hidup mandiri dan siap kerja. Tamatan SMK diharapkan mempunyai kompetensi yang baik agar siap pakai dan terampil, sehingga memudahkan industri untuk medapatkan tenaga kerja sesuai posisi yang kebutuhan. Tetapi berdasarkan data BPS pada Agustus 2020, TPT SMK adalah 8,49% dan tertinggi dibandingkan jenjang pendidikan lainnya. Masalah ini terjadi karena belum selarasnya antara kompetensi tamatan SMK dengan kebutuhan industri. Penyelarasan kompetensi tamatan SMK terhadap kebutuhan industri tergantung pada sumber daya serta sarana/prasarana yang dimiliki SMK. Permasalahannya sarana/prasarana praktik yang dimiliki SMK masih sedikit dan kondisinya kurang memadai. Tamatan SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor seharusnya memiliki pengetahuan dan keterampilan teknologi programmed fuel injection sepeda motor. Maka kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi siswa SMK melalui rancang bangun simulator dan pelatihan teknologi programmed fuel injection sepeda motor. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan kegiatan, terdapat peningkatan kompetensi siswa tentang teknologi programmed fuel injection sepeda motor, sehingga diharapkan kualitas tamatan SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor semakin baik dan dapat menurunkan TPT tamatan SMK.

Keywords


Kompetensi; siswa; media pembelajaran; programmed fuel injection

References


Kemendikbud. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019. Jakarta: Kemendikbud.

Badan Pusat Statistik. 2021. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia 2020.

Sugiarto T, Amin B, Purwanto W, Arif A, dan Putra DS. 2019. Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa melalui Pelatihan Kompetensi Kejuruan Teknologi Otomotif, Jurnal INVOTEK, Vol. 19. No. 1, Februari 2019, Padang, Universitas Negeri Padang.

Hidayat N, Arif A, dan Setiawan MY. 2018. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pemuda Putus Sekolah melalui Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor, Jurnal INVOTEK, Vol. 18 No. 2, Oktober 2018: 83-89. Padang, Universitas Negeri Padang

Arif A, Muslim, Wagino, Hidayat N dan Setiawan MY. 2020. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pemuda Putus Sekolah melalui Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor, Jurnal INVOTEK, Vol. 18 No. 2, Oktober 2018: 83-89. Padang, Universitas Negeri Padang

Wagino, Sugiarto T, Nasir M, dan Arif A. 2018. Keterampilan Tuna Karya Bidang Perawatan dan Servis Sepeda Motor Electronic Fuel Injection, Automotive Engineering Education Journals, Vol. 1. No. 1, Januari 2020, Padang, Universitas Negeri Padang.

Jama J dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1, 2 dan 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Arif, Milana Milana, Toto Sugiarto, Wawan Purwanto, Nuzul Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.