Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Berbasis Modul Bagi Guru Sejarah di Provinsi Lampung

Maskun Maskun(1), Ali Imron(2), Sumargono Sumargono(3), Yusuf Perdana(4),
(1) Universitas Lampung  Indonesia
(2) Universitas Lampung  Indonesia
(3) Universitas Lampung  Indonesia
(4) Universitas Lampung  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Maskun Maskun, Ali Imron, Sumargono Sumargono, Yusuf Perdana

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01190

Full Text:    Language : en

Abstract


Program pengabdian pelatihan penulisan bahan ajar berbasis modul bagi guru sejarah di Provinsi Lampung ini adalah bertujuan uuntuk meningkatkan kompetensi guru sejarah yang tergabung dalam Asosiasi di Provinsi Lampung dalam membuat modul yang relevan dengan karakteristik peserta didik, sehingga keterampilan guru meningkat dalam menyusun modul sejarah  yang kreatif, inovatif dan menarik serta mengintegrasikan kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah sosialisasi dengan bentuk presentasi yang dilakukan oleh narasumber tim pengabdian sendiri dan pelatihan secara langsung dengan bentuk pendampingan kepada peserta pengabdian. Instrument yang digunakan adalah Materi yang tersaji dalam bentuk power point, Contoh modul dan buku ajar sejarah, dan Lembar evaluasi kegiatan dalam bentuk pre test dan post tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian pengabdian pelatihan penulisan bahan ajar berbasis modul bagi guru sejarah di Provinsi Lampung terlaksana dengan baik dan meningkatnya kreativitas dan kompetensi  guru terhadap modul sejarah.

Keywords


Pelatihan, Modul, Sejarah

References


Handayani, S.L & Dewi, T.U. 2020. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4. No. 1.

Herliani, L. Ahmad, A. A. & Miftahudin, Z. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Peta Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Kehidupan Manusia Praaksara Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Bihari : Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. Vol 1. No 1.

Ilmiawan & Arif. 2018. Pengembangan Buku AjarSejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Man 2 Kota Bima). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan. Vol 2. No 3.

Khoiriyah, F. Fahri, A. Bramantio, B. dan Sumargono. 2019. Sejarah Toponimi Daerah Transmigrasi Provinsi Lampung Melalui Tuturan Tradisi Lisan. Jurnal Agastya. Vol 9. No 2.

Krismawati, N. U. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal Of Social Science Education. Vol 1. No 1.

Krisnawati, N. U. Warto & Nunuk Suryani. 2018. Kebutuhan Bahan Ajar Sejarah Lokal Di SMA. Jurnal Cendekia. Vol 16. No. 2.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 14 Januari 2014. Press Workshop : Implementasi Kurikulum 2013.

Permana, N. Nuriah, T & Umasih. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Negeri 1 Muara Bungo/Jambi. Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol 6. No 2.

Salamah, dkk. 2020. Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4. No. 1.

Sri Harini E, Wahyu T. W & Asti Purbarini. 2020. Implementasi Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Prancis Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK DKI Jakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4. No. 4.

Wulandari, A. O, Utomo, C. B & Suryadi. A. 2019. Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019. Indonesia Journal of History Education. Vol 7. No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maskun Maskun, Ali Imron, Sumargono Sumargono, Yusuf Perdana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.