Abstract


Program pengabdian pelatihan penulisan bahan ajar berbasis modul bagi guru sejarah di Provinsi Lampung ini adalah bertujuan uuntuk meningkatkan kompetensi guru sejarah yang tergabung dalam Asosiasi di Provinsi Lampung dalam membuat modul yang relevan dengan karakteristik peserta didik, sehingga keterampilan guru meningkat dalam menyusun modul sejarah  yang kreatif, inovatif dan menarik serta mengintegrasikan kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah sosialisasi dengan bentuk presentasi yang dilakukan oleh narasumber tim pengabdian sendiri dan pelatihan secara langsung dengan bentuk pendampingan kepada peserta pengabdian. Instrument yang digunakan adalah Materi yang tersaji dalam bentuk power point, Contoh modul dan buku ajar sejarah, dan Lembar evaluasi kegiatan dalam bentuk pre test dan post tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian pengabdian pelatihan penulisan bahan ajar berbasis modul bagi guru sejarah di Provinsi Lampung terlaksana dengan baik dan meningkatnya kreativitas dan kompetensi  guru terhadap modul sejarah.

Keywords


Pelatihan, Modul, Sejarah