1. Home
  2. Vol 5, No 1 (2024)
  3. Ifdil Ifdil

Transformasi digital dalam pelayanan BK: implementasi alat ungkap masalah berbasis website bagi konselor sekolah di Sumatera Barat

  • Abstract Views: 7
  • October 21, 2024
Corresponding Author

Abstract

Di era digital, transformasi teknologi telah memengaruhi berbagai aspek pelayanan pendidikan, termasuk Bimbingan dan Konseling (BK). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan konselor sekolah di Kabupaten Solok Selatan terhadap implementasi Alat Ungkap Masalah Berbasis Website, serta menganalisis perbedaan kepuasan berdasarkan faktor usia, jenis kelamin, lokasi sekolah, jenjang pendidikan, dan status pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan sampel konselor dari berbagai sekolah di Kabupaten Solok Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konselor merasa sangat puas dengan alat digital tersebut, meskipun terdapat sedikit variasi dalam kepuasan di beberapa kategori, seperti konselor di sekolah pinggiran kota serta yang berstatus honorer dan kontrak. Temuan ini menyarankan perlunya peningkatan dukungan teknologi dan pelatihan yang lebih intensif, terutama bagi konselor di wilayah atau status pekerjaan dengan tingkat kepuasan yang lebih rendah. Implikasinya, data yang dikumpulkan dapat dijadikan dasar untuk perencanaan strategis dalam pengembangan pelayanan digital BK di masa mendatang.

Full Text:

References

Arsini, Y., Panjaitan, A. Y., Ritonga, A. I., & Simamora, M. S. (2023). Bentuk-Bentuk dan Cara Menganalisis Kebutuhan. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 1(2), 21-30.

Asmadin, A., & Silvianetri, S. (2022). Need Asesmen Non Tes Bimbingan Dan Konseling Dalam Layanan Penempatan Dan Penyaluran Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4654-4660.

Atirah, N. F., & Pratama, S. (2022). Media Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Need-Assessment. JBKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 2(01), 82-96.

Febrini, D., Amaliah, A., & Niswah, N. (2020). BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Praktik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu). In: Samudra Biru.

Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konseling online sebagai salah satu bentuk pelayanan e-konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 15-22.

Ifdil, I., Gunawan, G., & Zuwana, Z. (2008). Manual Program Aplikasi Alat Ungkap Masalah (AUM ) Umum Format 1 s.d 5. BK FIP UNP.

Ifdil, I., Ilyas, A., Churnia, E., Erwinda, L., Zola, N., Fadli, R. P., Sari, A., & Refnadi, R. (2017). Pengolahan Alat Ungkap Masalah (AUM) dengan menggunakan komputer bagi konselor. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 17-24.

Ifdil, I., Sin, T. H., & Fadli, R. P. (2021). Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Pengolahan Alat Ungkap Masalah (AUM) berbasis Website ditinjau dari gender. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(3), 350-355.

Ifdil, I., Sin, T. H., Taufik, T., Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2021). Efektivitas penggunaan aplikasi pengolahan alat ungkap masalah seri PTSDL (SP-AUM PTSDL Versi. 1) bagi guru bimbingan dan konseling/konselor di Sumatera Barat. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(4), 392-401.

Maryati, T., Salsabila, A. C., Sabila, A. P., Rahmawati, A. S., Rindiyani, D., Mahrani, F. I., Handayani, F., Ba’iyattulhusna, I., Pangestika, W. R., & Rizki, Y. N. (2023). Profil Karir Bimbingan Konseling Di Sekolah: Pendekatan Kuantitatif Melalui Analisis Angket Kebutuhan Peserta Didik. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(6), 50-57.

Nasution, A. F. (2021). Analisis Asessmen Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Program Bk Di Sekolah. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 126-136.

Neviyarni, S., Adlya, S. I., Netrawati, N., Elfira, Y., & Dianti, T. M. (2023). Penggunaan Aplikasi Instrumen Need Asessment (Studi Kebutuhan) Bimbingan dan Konseling (BK) Berbasis Komputer Sebagai Dasar Perencanaan Program BK Bagi Guru BK di SMP. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 7(1).

Nur, N. W., Harum, A., & Rahman, A. (2023). Analisis kebutuhan modul career information processing (CIP) bagi guru bimbingan dan konseling sebagai media pengambilan keputusan karir peserta didik. EDUCANDUM, 9(1), 86-94.

Prayitno, P. (2008). Pedoman Alat Ungkap Masalah (AUM ) Umum Format 1 s.d 5. BK FIP UNP.

Prayitno, P., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Rineka Cipta.

Putranti, D., Fithroni, F., & Kusumaningtias, D. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2).

Rahmad, M., Husen, M., & Fajriani, F. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(2).

Rahman, F. (2012). Modul ajar Pengembangan dan evaluasi program bk. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Sinaga, M. H. P., Qurrata, K., & Andini, V. (2022). Pola pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 110-116.

Wahidah, N., Cuntini, C., & Fatimah, S. (2019). Peran dan aplikasi assessment dalam bimbingan dan konseling. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(2), 45-56.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.