1. Home
  2. Vol 3, No 1 (2022)
  3. Hartini Nara

Pendampingan orang tua anak berkebutuhan khusus di rusunawa Jatinegara Kaum Jakarta Timur

  • Abstract Views: 70
  • July 23, 2022
Corresponding Author

Abstract

Rusunawa Jatinegara Kaum merupakan sebuah perumahan sederhana  di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Di Rusunawa ini, terdapat setidaknya 51 anak berkebutuhan khusus dengan beberapa hambatan yang berbeda. Di samping itu, para orang tua dari anak berkebutuhan khusus di sini tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengasuh, menangani, dan memberikan pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka. Penyebabnya antara lain minimnya pengetahuan dan informasi mengenai penanganan anak berkebutuhan khusus dan pendidikannya, tidak menyadari bahwa anak mereka berkebutuhan khusus, latar belakang pendidikan orang tua yang rendah sehingga mengesampingkan pendidikan anak, kemampuan komunikasi yang kurang baik, serta kondisi ekonomi yang berdampak pada pendidikan anak.  Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberi edukasi bagi orang tua anak berkebutuhan  khusus dalam menangani, mendidik, mengasuh, serta mendukung keterampilan dan kemandirian anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah pendampingan berupa workshop, focus group discussion (FGD), serta konsultasi. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini antara lain terdapat perubahan positif walaupun belum signifikan pada orang tua anak berkebutuhan khusus dari segi penanganan, meningkatkan kesadaran orang tua dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus, membangun komitmen orang tua dalam membersamai dan mendampingi anak berkebutuhan khusus, serta terjalin kemitraan antara Prodi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dengan warga Rusunawa Jatinegara Kaum.

Full Text:

References

Arti kata konsultasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). KBBI. Retrieved July 19, 2022, from https://kbbi.web.id/konsultasi

Denny, L., Minggo, Y. D. B. R., & Erfin, L. (2021). Pengaruh Penghasilan Orang Tua Nelayan Terhadap Pendidikan Anak (Studi Kasus Anak Nelayan Pole and Line di Desan Pemana Kabupaten Sikka). AQUANIPA Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan, 3(2). http://aquanipa.nusanipa.ac.id/index.php/projemen/article/view/33/45.

Dermawan, O. (2013). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. PSYMPATHIC Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886-897. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Sriyanti, L. (2020). Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus; Panduan Praktis di Sekolah. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.

Suprayekti, & Anggraeni, S. D. (2017). Pelaksanaan Program Workshop "Belajar Efektif" untuk Orang Tua. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 12(2), 129-136. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1202.5

Tarjiah, I., Supena, A., & Kurniawan, E. (2022). Pendampingan Orang Tua dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Susun Jatinegara Kaum Jakarta Timur. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(1), 25-40. DOI: 10.24036/sb.01980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.