Abstract
Rusunawa Jatinegara Kaum merupakan sebuah perumahan sederhana di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Di Rusunawa ini, terdapat setidaknya 51 anak berkebutuhan khusus dengan beberapa hambatan yang berbeda. Di samping itu, para orang tua dari anak berkebutuhan khusus di sini tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengasuh, menangani, dan memberikan pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka. Penyebabnya antara lain minimnya pengetahuan dan informasi mengenai penanganan anak berkebutuhan khusus dan pendidikannya, tidak menyadari bahwa anak mereka berkebutuhan khusus, latar belakang pendidikan orang tua yang rendah sehingga mengesampingkan pendidikan anak, kemampuan komunikasi yang kurang baik, serta kondisi ekonomi yang berdampak pada pendidikan anak. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberi edukasi bagi orang tua anak berkebutuhan khusus dalam menangani, mendidik, mengasuh, serta mendukung keterampilan dan kemandirian anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah pendampingan berupa workshop, focus group discussion (FGD), serta konsultasi. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini antara lain terdapat perubahan positif walaupun belum signifikan pada orang tua anak berkebutuhan khusus dari segi penanganan, meningkatkan kesadaran orang tua dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus, membangun komitmen orang tua dalam membersamai dan mendampingi anak berkebutuhan khusus, serta terjalin kemitraan antara Prodi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dengan warga Rusunawa Jatinegara Kaum.