Abstract
Kimia adalah ilmu yang mempelajari struktur, komposisi, sifat materi dan perubahannya. Pembelajaran kimia dapat dimulai dengan mempelajari fenomena yang terkait dengan kehidupan sehai-hari. Pembelajaran kimia tidak hanya membahas konsep- konsep yang bersifat konkrit, yang dapat diamati peserta didik melalui ekseprimen dilapangan saja, akan tetapi tidak sedikit pula konsep kimia yang bersifat abstrak. Informasi dan teknologi memberikan kemudahan bagi guru untuk mengkongkritkan konsep-konsep yang abstrak dalam bentuk model, multimedia pembelajaran atau media pembelajaran audio visual sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami konsep tersebut. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari MGMP Kimia Tanah Datar, kendala yang dihadapi guru antara lain kurangnya bahan ajar dan media pembelajaran kimia yang tersedia dilapangan. Kendala lain yang dihadapi adalah sebagian guru belum terampil dalam membuat media pembelajaran berbasis IT sendiri sesuai dengan topik-topik kimia SMA. Untuk mencapai tujuan dan target yang ditetapkan maka metode yang digunakan terdiri dari berapa tahap orientasi dan diskusi. Tahap pelaksanaan melalui pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran berbasis IT berupa e-modul dan video pembelajaran sehingga guru-guru dapat membuat media pembelajaran yang akan digunakannya dalam pembelajaran di sekolah. Tahap monitoring dan evaluasi pada kegiatan ini adalah pendampingan dalam bentuk monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan. Selanjutnya tahap analisis data dan pembuatan laporan, pada kegiatan ini dilakukan analisis data, penyiapan laporan dan artikel publikasi dari pelaksanaan kegiatan PKM yang telah dilakukan Hasil dari PKM ini adaalah dihasilkan beberapa e-modul dan video pembelajaran yang bisa dipakai guru-guru untuk pembelajarannya. Kepada guru-guru juga diberikan angket untuk mengetahui tanggapan guru-guru terhadap pelaksanaan kegiatan PKM ini. Hasil dari angket ternyata guru-guru terbantu dalam mempersiapkan bahan ajar dan video pembelajaran untuk mereka pakai.
References
Brady, J. E., Jespersen, N. D., dan Hyslop, A.2012. Chemistry the molecular nature of matter. Edisi keenam. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Hartono.2018. Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal transformasi volume 14 no2
Irtawaty, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi I- Spring Untuk Peningkatan Kualitas Teaching Method Bagi Guru Smk Di Balikpapan. Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat. Volume 2 no 2 tahun 2018.
Lia, Linda dkk. 2017. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Power Point bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah kecamatan Indralaya. Prosiding seminar PKM 2017 Universitas Muhammadiyah Palembang
Rusman.2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Komunikasi dan Informasi. Jakarta: Grafindo
Sadiman..2011. Media Pendidikan. Jakarta: Grafindo persada.
Suryani, Nunuk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Prosiding workshop nasional Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: kata pena