The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pelatihan metode silabtik untuk meningkatkan self efficacy guru sekolah dasar khususnya dalam mengajar membaca.  Subyek penelitian ini adalah guru sekolah dasar  berjumlah 29 orang. Teknik pengambilan subyek dilakukan melalui purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan metode silabtik tidak efektif dalam meningkatkan self efficacy guru sekolah dasar dengan nilai t = -1,943 dan p = 0,062 (p>0,05). Artinya, pelatihan metode silabtik yang terdiri dari gabungan 3 metode yaitu silabel, abjad 8 dan linguistik ternyata belum dapat meningkatkan keyakinan guru sekolah dasar akan kemampuannya dalam mengajar, khususnya membaca.