Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Padang

Fitrawati - Fitrawati(1), Sitti Fatimah(2), Senorica Yulia Sari(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Fitrawati - Fitrawati

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0890

Full Text:    Language : en

Abstract


Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan hal yang selalu digunakan. Di era industri 4.0 guru dituntut memiliki kemampuan yang cukup dalam mengikuti perkembangan teknologi. Pembelajaran yang berfokus kepada proses tatap muka harus sudah diintegrasi dengan blended-learning. Kondisi ini membuat Google sebagai salah satu web tool terbesar memperkenalkan Google Classroom (GC) pada tahun 2014. Adanya GC diharapkan bisa menjadi solusi untuk permasalahan seperti kurangnya jam pelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris ditingkat SMP. Namun sayangnya masih banyak guru yang masih belum mengetahui tentang kebermanfaatan GC. Sehingga melalui pengabdian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang holistik terkait dengan pengunaan GC khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Lebih jauh, pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa yang meliputi kemampuan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Metode pengabdian dilaksanakan ada empat tahapan yaitu: a) tahapan analisis, b) tahapan penyusunan materi, c) tahapan pelaksanaan, dan d) tahapan evaluasi. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah banyak guru peserta belum mengenal GC, sehingga guru sangat antusias dan tertarik dengan penggunaan GC. Guru mengetahui flatform yang dapat mereka gunakan dalam pembelajaran yang berintegrasi  dengan blended learning. Guru dapat lebih mudah untuk mengelola tugas kelas dengan cepat dan memberikan umpan balik kepada siswa secara efektif. Akan tetapi, fasilitas seperti ketersediaan koneksi yang baik juga harus didukung demi lancarnya penggunaan GC dalam pembelajaran.


Keywords


Google Classroom, blended-learning, pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing

References


Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom : Teachers ’ Perceptions EFFECTIVENESS OF GOOGLE CLASSROOM : TEACHERS ’. PRIZREN SOCIAL SCIENCE JOURNAL, 2(2), 1–16.

Fu, J. S. (2013). ICT in Education : A Critical Literature Review and Its Implications Jo Shan Fu. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT, 9(1), 112–125.

Holyes, C., & Lagrange, J.-B. (2010). MAthematics Eduation and Technology-Rethingking the Terrain. (C.

Holyes & J.-B. Lagrange, Eds.) (17th ed.). London: Springer.

Husain, N. (2015). What is Language ? English Language Language as Skill. Research Gate, (March), 1–11.

Latif, S. (2016). Learning Engagement in Virtual Environment. International Journal of Computer Application, 148(11), 7–13. Retrieved from https://www.ijcaonline.org/archives/volume148/number11/25799- 2016911289.

Lorena, C., & Sadiku, M. (2015). The Importance of Four Skills Reading , Speaking , Writing , Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature Studies April, 1(1), 29–31.

Lotherington, H. (2004). What Four Skills Redefining Language and Literacy.pdf. TESL Canada Journal.

Megahantara, G.S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21.

Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryani, A. (2010). ICT in Education: Its Benefits, Difficulties, and Organizational Development Issues. Jsh Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 106–123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitrawati - Fitrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.