Peningkatan Kapasitas Guru SMK Negeri 1 Kepulauan Mentawai melalui Penyusunan Modul Ajar Berbasis Understanding by Design dan Transversal Competencies

Elfa Michellia Karima(1), Firza Firza(2), Fikhen Tri Wulandari(3), Miftahurrahmi Oktavia(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Elfa Michellia Karima, Firza Firza, Fikhen Tri Wulandari, Miftahurrahmi Oktavia

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06580

Full Text:    Language : en

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kepulauan Mentawai dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menyusun modul ajar berbasis Understanding by Design (UbD) serta mengintegrasikan transversal competencies yang meliputi kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreativitas. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah keterbatasan guru dalam merancang modul ajar yang terstruktur, rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran, serta minimnya pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung proses belajar mengajar. Metode pelaksanaan dilakukan melalui lima tahapan, yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi. Teknologi digital sederhana seperti Google Docs, Pear Deck, dan Canva (dengan fitur Magic Write) diperkenalkan untuk mendukung guru dalam menyusun modul ajar kolaboratif, menghadirkan pembelajaran interaktif, serta menghasilkan produk ajar yang kreatif dan kontekstual. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keberdayaan mitra. Sebanyak 80% guru mengalami peningkatan pemahaman berdasarkan perbandingan skor pretest–posttest, sementara 70% guru menyatakan lebih percaya diri dalam merancang pembelajaran. Program pengabdian ini berhasil memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kapasitas guru dan kualitas pembelajaran di daerah 3T, serta mendukung pencapaian SDG 4 (Quality Education) dan SDG 8 (Decent Work and Economic Growth).


Keywords


Modul Ajar, Understanding by Design, Transversal Competencies

References


Aini, Q., Lutfiani, N., & Zahran, M. S. (2021). Analisis Gamifikasi iLearning Berbasis Teknologi Blockchain. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(1 Juni), 79-85.

Ariani, D. (2020). Gamifikasi untuk Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 144-149.

Deterding, S., Dixon, D., Khaled, R., & Nacke, L. (2011). From game design elements to gamefulness: Defining gamification. Proceedings of the 15th International Academic MindTrek Conference: Envisioning Future Media Environments, 9-15.

Fauzan, R. (2019, May). Pemanfaatan gamification Kahoot. it sebagai enrichment kemampuan berfikir historis mahasiswa pada mata kuliah sejarah kolonialisme Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 254-262).

Hamari, J., Koivisto, J., & Sarsa, H. (2014). Does gamification work?--A literature review of empirical studies on gamification. 47th Hawaii International Conference on System Sciences, 3025-3034.

Hassan, L., & Hamari, J. (2019). Gamification of e-participation: A literature review.

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84-91.

Irawan, E., Aristiawan, A., & Rokmana, A. W. (2021). Analisis Tingkat Penalaran Peserta Didik SMP dalam Memecahkan Masalah Soal Evaluasi Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 333-342.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kurniawan, R., Yuntiaji, D. A., Safitri, D. A., & Lukman, H. S. (2021). Gamifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 55-69.

Marisa, F., Akhriza, T. M., Maukar, A. L., Wardhani, A. R., Iriananda, S. W., & Andarwati, M. (2020). Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 5(3), 219-228.

Nashirulhaq, N., Nurzaelani, M. M., & Raini, Y. (2022). Pentingnya kemampuan dasar literasi dan numerasi di jenjang pendidikan smp. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 1(2), 118-122.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.

Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279-291.

Sari, D. R., Lukman, E. N. A., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153-162.

Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52-60.

Zainuddin, Z., Chu, S. K. W., Shujahat, M., & Perera, C. J. (2020). The impact of gamification on learning and instruction: A systematic review of empirical evidence. Educational Research Review, 30, 100326.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Elfa Michellia Karima, Firza Firza, Fikhen Tri Wulandari, Miftahurrahmi Oktavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.