PKM Digital Marketing dan Branding: Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman

Rose Rahmidani(1), Efni Cerya(2), Ika Parma Dewi(3), Elvi Rahmi(4), Armiati Armiati(5), Dessi Susanti(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Rose Rahmidani, Efni Cerya, Ika Parma Dewi, Elvi Rahmi, Armiati Armiati, Dessi Susanti

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06240

Full Text:    Language : en

Abstract


UMKM Virgin Coconut Oil (VCO) Darma menghadapi beberapa permasalahan dalam mengembangkan usahanya. Pertama, kemasan produk VCO Darma masih kurang menarik karena menggunakan botol plastik biasa tanpa merek dan logo. Kedua, jangkauan pemasaran VCO Darma masih terbatas pada area tertentu saja. Ketiga, UMKM ini belum memiliki izin SPP-IRT, yang penting untuk menjamin keamanan pangan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Keempat, promosi yang dilakukan masih minim sehingga produk VCO Darma belum dikenal luas oleh masyarakat, berdampak pada rendahnya omzet penjualan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian melakukan pendampingan dengan metode berbasis kebutuhan. Pelatihan diberikan kepada pelaku UMKM VCO Darma meliputi bidang pemasaran digital, yang sangat penting di era saat ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas, pendampingan pengurusan izin SPP-IRT dan pendampingan pembuatan merek dan logo untuk kemasan. Metode pelatihan yang digunakan bervariasi, meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek langsung, dan pendampingan. Hasil yang dicapai dari program pengabdian ini antara lain: 1) Dihasilkannya disain logo dan merk VCO Darma yang menarik sehingga memiliki identitas yang kuat dan mudah diingat konsumen. 2) VCO Darma sudah memiliki SPP-IRT sehingga produk VCO Darma dapat beredar secara legal dan memenuhi standar keamanan pangan. 3) VCO Darma memiliki platform digital marketing sehingga produk bisa dikenal masyarakat luas. Dengan adanya program pendampingan ini, diharapkan UMKM VCO Darma dapat meningkatkan daya saing produknya, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan omzet penjualan

Keywords


Pemberdayaan Masyarakat; Branding; Digital Marketing

References


Adisetiawan. (2017). R. Kajian Persepsi Pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Terhadap Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi;13(4):162-73.

Amiroh, K., Zunaidi, R. A., Annisa, A. R., & Suharto, R. C. (2022). Peningkatan Branding Penjualan Arang Briket Oleh Kelompok Masyarakat Kampung Oase Ondomohen. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 135-139.

Apriyanti ME.(2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons.10(1):20-7.

Baiq Herdina Septika, B.H, Krisnahadi, Tama , Wulandari, Y,E. (2023). Analisis Pengaruh Merek Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk UKM Kale Cookie. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan. 11(1):86-90

BPS Kabupaten Padang Pariaman. 2024. Kabupaten Padang Pariaman dalam Angka, Volume 25.

Chokwu, B.A, Enudu, T,O (2018). The Impact of Product Packaging on Consumers Purchasing Behavior in Benin Metropolis, Edo State, Nigeria. International Journal of Economics Commerce and Management.;6 (4); 708-725

LKDP Kabupaten Padang, & Pariaman. (2020). Perda Kabupaten Padang Pariaman. 21(1), 1–9.

Meilizar, M., Luthvina, R., & Oktavia, N. 2021. Perancangan Model Klaster Industri Hilir Kelapa di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 7(2), 111-115.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action;2(2),119-130.Availablefrom: https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/844

Sagita, L., & Sari, M. W. (2019). Pelatihan Pembuatan Desain dan Label Produk Lurik-Kulit di Panggungharjo Bantul. Abdimas Dewantara; 2(2), 115-119.

Usman, M.N& Setyorini. H (2020).Pendampingan penyusunan strategi Untuk Peningkatan Daya Saing UKM Dalam Memasuki Era Digital. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1).19-22

Yeap. S.K. Beh.B.K,Ali, N.M.Myusuf, H.M.,Ho,W.Y and Long K (2015) Antistress and Antioxidant Effect of Virgin Coconut Oil In Vivo. Experimental and Therapeutic Medicine. 9(1) 39-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rose Rahmidani, Efni Cerya, Ika Parma Dewi, Elvi Rahmi, Armiati Armiati, Dessi Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.