Peningkatan Kemampuan Berwirausaha Pembuatan Bubuk Kopi Bagi Ikatan Pemuda Desa Cubadak Air Dan Sikapak Barat Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman

Arwizet Karudin(1), Zainal Abdi(2), Sri Rizki Putri Primandari(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Arwizet - Karudin

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0580

Full Text:    Language : en

Abstract


Banyaknya angka pengangguran akan menimbulkan dampak sosial yang kurang baik di tengah masyarakat. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan keterampilan masyarakat melalui pelatihan. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan proses pelatihan dalam rangkan peningkatan kemampuan berwirausaha pembuatan bubuk kopi bagi ikatan pemuda di desa Cubadak Air dan Sikapak Barat. Metode pelatihan yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi. Pelatihan ini diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari Desa Cubadak Air dan Sikapak Barat. Metode ceramah berupa penyampaian teori tentang kopi, teknik rosting, teknik grinding, packing dan pemasaran kopi. Metode demonstrasi digunakan mulai dari cara meroasting, menggrinding dan packing kopi. Hasil pelatihan terlihat bahwa peserta sangat termotivasi dan serius mengikuti pelatihan hal terlihat dari skor tes yang diberikan telah terjadi peningkatan yang signifikan pengetahuan dan keterampilan peserta tentang kopi, teknik roasting, grinding dan packing kopi dari rata-rata skor 63,0 menjadi 84,2. Dapat disimpulkan bahwa peserta mampu menyerap dengan baik pengetahuan dan keterampilan yang diberikan selama pelatihan. Diharapkan akan muncul wirausaha-wirausaha baru dalam bidang pembuatan bubuk kopi di daerah ini.

Keywords


usia produktif, kopi, roasting kopi, grinding kopi, packing kopi, bubuk kopi

References


F. Ihsan and Q. Pramukanto, “Perencanaan Lanskap Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat Berbasis Mitigasi Tsunami,” Jurnal Lanskap Indonesia, vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2017.

Tim Penyusun. Propil Desa Cubadak Air Kota Pariaman. Pareko Ekspress, 2017.

F. P. M. Heru, “PROSES PELAKSANAAN PENANGKAPAN TERSANGKA TINDAK PIDANA NARKOTIKA PADA TINGKAT PENYIDIKAN (Studi Kasus Polres Kota Pariaman),” PhD Thesis, UNIVERSITAS ANDALAS, 2014.

A. Putri, R. Hariance, and N. Nofialdi, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Produk Pada Agroindustri Kopi di Kota Bukittinggi,” Jurnal Lahan Suboptimal: Journal of Suboptimal Lands, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017.

A. A. Mita, A. Imron, and S. T. Sarena, “Rancang Bangun Alat Penyangrai (Roaster) Kopi dan Penggiling (Grinder) Kopi Otomatis Berbasis Mikrokontroler,” in Proceedings Conference on Design Manufacture Engineering and its Application, 2017, vol. 1, pp. 155–160.

P. D. PEMASAR, “Manajemen Pemasaran,” 2008.

A. Supriatna and B. Dradjat, “Pola Kemitraan dalam peningkatan efisiensi pemasaran kopi rakyat,” Litbang Pertanian, 2012.

I. Taruna, “Rancang Bangun Mesin Penyangrai Kopi Tipe Rotari.”

A. Afriliana, Teknologi Pengolahan Kopi Terkini. Deepublish, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arwizet - Karudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.