Peningkatan Penguasaan Materi Seni Grafis dalam Pembelajaran SBdP Bagi Guru SDN 22 Lubuk Minturun dan SDN 25 Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah

irwan irwan(1), Yasrul Sami(2), Ariusmedi Ariusmedi(3), Yusron Wikarya(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 irwan irwan

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.05310

Full Text:    Language : in

Abstract


Asekolah dengan ruang lingkup materi pembelajaran seni rupa, seni drama, musik, tari dan kriya. Namun, pada kenyataannya mata pelajaran SBdP terkadang diganti dengan mata pelajaran lain. PKM ini difokuskan pada dua aspek masalah utama, yaitu: (1) aspek penguasaan materi seni grafis sederhana, dan (2) aspek penilaian/asesmen hasil pembelajaran seni grafis sederhana. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan metode: (1) Pembuatan model, (2) Konseling, dan (3) Aplikasi melalui pelatihan/workshop. Hasil yang telah dicapai: (1) Artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi. (2) Artikel di media massa/elektronik. (3) Video kegiatan/ (4) Meningkatkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat berupa peningkatan pengetahuan peserta dan keterampilan dalam penguasaan materi dan penilaian/penilaian seni grafis sederhana, dan (5) Metode atau sistem yang dihasilkan; produk (barang atau jasa) berupa produk hasil praktikum seni grafis sederhana.


Keywords


Seni grafis , penilaian hasil belajar

References


Ardiansyah, Ardiansyah, Guntur Putrajaya, and Siti Zulaiha. 2019. “Penerapan Tari Kejei Dalam Pengembangan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Di Sekolah Dasar Negeri 40 Rejang Lebong.” IAIN Curup.

Maryono, Maryono. 2017. “Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 2 (1): 72–89.

Nurhayati, Atik, Evy Fitria, and Septy Nurfadhillah. 2020. “Peran Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa Di SDS Islam Harapan Ibu School.” NUSANTARA 2 (3): 426–34.

Restian, Arina. 2023. Seni Budaya SD Aktualisasi Merdeka Belajar. UMMPress.

Saputro, Ade, and Okto Wijayanti. 2021. “Tantangan Guru Abad 21 Dalam Mengajarkan Muatan Sbdp Di Sekolah DasaR.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 1 (3): 51–59.

Siskowati, Eni, and Andi Prastowo. 2022. “Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran SBdP Kelas III Pada Materi Menggambar Di Sekolah Dasar.” PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan 4 (1): 42–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 irwan irwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.