Abstract


Asekolah dengan ruang lingkup materi pembelajaran seni rupa, seni drama, musik, tari dan kriya. Namun, pada kenyataannya mata pelajaran SBdP terkadang diganti dengan mata pelajaran lain. PKM ini difokuskan pada dua aspek masalah utama, yaitu: (1) aspek penguasaan materi seni grafis sederhana, dan (2) aspek penilaian/asesmen hasil pembelajaran seni grafis sederhana. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan metode: (1) Pembuatan model, (2) Konseling, dan (3) Aplikasi melalui pelatihan/workshop. Hasil yang telah dicapai: (1) Artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi. (2) Artikel di media massa/elektronik. (3) Video kegiatan/ (4) Meningkatkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat berupa peningkatan pengetahuan peserta dan keterampilan dalam penguasaan materi dan penilaian/penilaian seni grafis sederhana, dan (5) Metode atau sistem yang dihasilkan; produk (barang atau jasa) berupa produk hasil praktikum seni grafis sederhana.


Keywords


Seni grafis , penilaian hasil belajar