Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI SD di KKG PAI Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Rengga Satria(1), Ahmad Rivauzi(2), Wirdati Wirdati(3), Nurjanah Nurjanah(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Rengga Satria, Ahmad Rivauzi, Wirdati Wirdati, Nurjanah Nurjanah

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.05250

Full Text:    Language : In

Abstract


Pada abad 21 ini, proses pembelajaran diharapkan mengembangkan empat kemampuan yaitu 4C (Critical thinking,Communication, Collaboration, Creativity). Pembelajaran abad 21 ini sudah diadaptasi dalam sistem pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum 2013 dan disempurnakan dalam kurikulum merdeka. Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) menekankan pada pembelajaran yang nyaman, mandiri, aktif, memiliki karakter, bermakna, merdeka dan lain-lain. Guru memiliki kebebasan dalam menentukan perangkat ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat belajar peserta didik. Fenomena yang muncul kurikulum merdeka belum dapat terimplementasikan oleh guru-guru PAI SD. Guru-guru PAI di KKG Lubung Kilangan masih mengalami kesusahan dalam memahami Materi Esensial dan Pembelajaran bermakna serta pelaksanaan proyek profil Pancasila. Pada mitra pengabdian ini ditemui permasalahan utama yang relevan dengan penjelasan diatas. Dua permasalahan utama mitra pengabdian ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana Implementasi kurikulum merdeka dalam bentuk model pembelajaran berdiferensiasi dan materi esensial. Kedua, bagaimana Implementasi proyek profil Pancasila dalam pembelajaran PAI. Dalam menyelesaikan permasalahan mitra tersebut, pengabdi menawarkan solusi dengan mengadakan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI SD di KKG PAI Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Pembinaan diadakan dengan beberapa tahapan; Pertama, tahapan ekspektasi. Kedua, tahapan Internalisasi. Ketiga, tahapan Aktualisasi. Keempat, tahapan evaluasi dan keberlanjutan. Bimbingan teknis menggunakan metode Presentasi, Brainstroming, Diskusi, Workshop, Praktek dan Projek e-modul secara mandiri.


Keywords


Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI

References


Abdul, Dewis, and Muh Arif. 2020. “Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Saintifik.” Al-Bahtsu 5(2):76–81.

As’ad, Mahrus. 2021. “ADAPTATION INTO ISLAMIC EDUCATION 4.0: AN APPROACH TO REDESIGNING A SUSTAINABLE ISLAMIC EDUCATION IN THE POST PANDEMIC ERA.” AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam 26(1):19. doi: 10.32332/akademika.v26i1.3122.

Di, P. A. I., and Smpi As-shodiq Bululawang. 2023. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PELAJARAN PAI DI SMPI AS-SHODIQ BULULAWANG.” 8(20).

Irdhina, Dina, irma Rahma Suwarma, Anggreni, Mariati Purba, Nina Purnamasari, and Yusri Saad. 2021. Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SD Cikal Cilandak.

Nugraha, Tono Supriatna. 2022. “Inovasi Kurikulum.” 250–61.

Nur Budiono, Arifin, and Mochammad Hatip. 2023. “Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8(1):109–23. doi: 10.56013/axi.v8i1.2044.

Rifa’i, Ahmad, N. Elis Kurnia Asih, and Dewi Fatmawati. 2022. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah.” Jurnal Syntax Admiration 3(8):1006–13. doi: 10.46799/jsa.v3i8.471.

Suryani, Nunuk. 2016. “Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa.” Jurnal Harmoni IPS 1(2):1–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rengga Satria, Ahmad Rivauzi, Wirdati Wirdati, Nurjanah Nurjanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.