Pelatihan Pembelajaran Era Pendidikan 4.0 Bagi Guru SMP Swasta Kota Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Rifma Rusli Rusli
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0420
Full Text: Language : ind
Abstract
Guru menjadi aktor penting terlaksananya pembelajaran yang mengacu pada pengembangan kompetensi siswa di era pendidikan 4.0. Permasalahan umum yang ditemukan adalah guru-guru SMP swasta mendapat kesempatan pelatihan lebih rendah dari sekolah negeri baik dan hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran masih cendrung rendah. Rata-rata tingkat capaian siswa per mata pelajaran juga masih rendah. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru SMP swasta Kota Padang dalam melaksanakan pembelajaran efektif dengan mengintegrasikan PPK, literasi, HOTS, dan teknologi digital dalam kurikulum 2013 yang menjadi basis era pendidikan 4.0. Kegiatan ini meliputi penyajian materi tentang: (1) konsep revolusi industri 4.0 dan dampaknya terhadap pelaksanaan pembelajaran, (2) implementasi kurikulum 2013 yang mengacu pada pengembangan kompetensi peserta didik menghadapi revolusi industri 4.0, (3) integrasi PPK dalam pembelajaran, (4) strategi literasi dalam pembelajaran, (5) pembelajaran berbasis HOTS, dan (5) penggunaan teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan resitasi yang dipandu oleh narasumber dan tim PkM. Peningkatan kemampuan peserta diukur dengan membandingkan hasil evaluasi sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil evaluasi akhir menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman dan keterampilan guru melaksanakan pembelajaranan dengan mengacu pada kompetensi siswa era revolusi industri 4.0.
Keywords
References
Afrianto. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: Opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research.
Darmajanti, P. (2017). The importance of teaching strategic competence for Indonesian learner. Asian EFL Journal.
Farisi, M. I. (2016). Developing the 21st-century social studies skills through technology integration. Turkish Online Journal of Distance Education. https://doi.org/10.17718/tojde.47374
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Harjanti, M. H. (2018). The Implementation Of The 21th Century Competency For Elementary School Teachers At Curriculum 2013 Training Central Java Province Year 2017. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23726
Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2016). Design principles for industrie 4.0 scenarios. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences. https://doi.org/10.1109/HICSS.2016.488
Irianto, D. (2017). INDUSTRY 4.0 The Challenges of Tomorrow. Seminar Nasional Teknik Industri 2017 – Batu-Malang.
Iswan dan Herwina. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial IR. 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR 4.0.”
Kale, A. (2016). How the Fourth Industrial Revolution Will Impact Our Lives.
Kemeristekdikti. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Ristekdikti.
Löffler, M., & Tschiesner, A. (2013). The Internet of Things and the future of manufacturing. McKinsey on Business Technology. https://doi.org/10.1201/b19296-12
Maemunah. (2018). Kebijakan pendidikan pada era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pengambdian 2018 Univeristas Muslim Nusantara Al-Washliyah.
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. Jati Unik : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117
Suyati. (2019). Meningkatkan Peranan Guru Profesional Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). What is 21st Century Learning? 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times.
Tulim, A. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Manajemen Dalam Era Millenial Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Era Industri (SNEI).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Rifma Rusli Rusli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.