Abstract


Guru menjadi aktor penting terlaksananya pembelajaran yang mengacu pada pengembangan kompetensi siswa di era pendidikan 4.0. Permasalahan umum yang ditemukan adalah guru-guru SMP swasta mendapat kesempatan pelatihan lebih rendah dari sekolah negeri baik dan hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran masih cendrung rendah. Rata-rata tingkat capaian siswa per mata pelajaran juga masih rendah. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru SMP swasta Kota Padang dalam melaksanakan pembelajaran efektif dengan mengintegrasikan PPK, literasi, HOTS, dan teknologi digital dalam kurikulum 2013 yang menjadi basis era pendidikan 4.0. Kegiatan ini meliputi penyajian materi tentang: (1) konsep revolusi industri 4.0 dan dampaknya terhadap pelaksanaan pembelajaran, (2) implementasi kurikulum 2013 yang mengacu pada pengembangan kompetensi peserta didik menghadapi revolusi industri 4.0, (3) integrasi PPK dalam pembelajaran, (4) strategi literasi dalam pembelajaran, (5) pembelajaran berbasis HOTS, dan (5) penggunaan teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan resitasi yang dipandu oleh narasumber dan tim PkM. Peningkatan kemampuan peserta diukur dengan membandingkan hasil evaluasi sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil evaluasi akhir menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman dan keterampilan guru melaksanakan pembelajaranan dengan mengacu pada kompetensi siswa era revolusi industri 4.0.


Keywords


Revolusi Industri 4.0, Kurikulum 3013, PPK, Literasi, HOTS, Teknologi