Diversikasi Kerajinan Pandai Sikek untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global

Yofita - Sandra(1), M - Zaim(2), Refnaldi - -(3), Rifqi Aulia Zaim(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Yofita - Sandra, M - Zaim, Refnaldi - -, Rifqi Aulia Zaim

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03640

Full Text:    Language : en

Abstract


Pandai Sikek terkenal sebagai salah satu Kawasan industry kerajinan di Sumatera Barat. Para akademisi meyakini bahwa Kawasan ini memiliki potensi untuk bersaing di pasar global dengan dilakukannya diversifikasi produk. Alternatif diversifikasi yang diterapkan yakni dengan dilakukannya pengolahan logam sebagai pengganti material kayu pada kerajinan yang dihasilkan. Teknik yang digunakan pada kesempatan ini adalah chasing-repousse, piercing, dan engraving. Sebelumnya, kerajinan dibuat dengan penuh motif ukiran dari kayu toona atau kayu jati yang semakin mahal karena kelangkaan dan keterbatasan di pasaran. Sekarang ditawarkan untuk mengolah motif ukiran dan varietas hias menggunakan logam aluminium dan kuningan. Temuan selama pelatihan yang dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2022, diperoleh feedback kepuasan akibat karya seni dari peserta sebanyak 27% sangat puas, 45% puas, 18% cukup puas, dan hanya 9% tidak puas. Persentase ini menunjukkan bahwa kegiatan diversifikasi produk ini   sangat baik dan harus  dilanjutkan serta ditingkatkan ke depannya. Kolaborasi antara kampus dengan dunia  usaha atau industri diharapkan dapat  terus berlanjut dan semakin berkembang.


Keywords


diversifikasi, kerajinan, ukir, kayu, logam.

References


Devi, S. (2015). Sejarah dan Nilai Songket Pandai Sikek. J. Mamangan, 2(1), 17–28. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php%0A/jurnal%02mamangan/article/viewFile/1189/448

M, Zaim, . Refnaldi, Yofita Sandra, R. A. Z. (2020). Creating Coconut Fiber Waste for Souvenir ini Pakandangan, Est Sumatera. Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium, Redwhite Press.

M, Zaim, . Refnaldi, Yofita Sandra, R. A. Z. (2021). Creating Waste Coconut Coir as A Creative Art. . . Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020). https://www.atlantis-press.com/article/125954677.pdf

Merriam-Webster. (2022). Diversification. www.merriam-webster.com/dictionary/diversification

Prasetya, E., & Adi, S. (2018). Makna dan Filosofi Ragam Hias Pada Rumah Tradisional Minangkabau di Nagari Pariangan Tanah Datar. Seminar Nasional Arsitektur USU 3, “Kearifan Lokal Dalam Keberagaman Untuk Pembangunan Indonesia.”

Rahayu, M. (2011). Teknik Ukir Tekan.

Singgalang. (2022). Tingkatkan Daya Saing di Pasar Global, Kerajinan Pandai Sikek Didiversifikasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yofita - Sandra, M - Zaim, Refnaldi - -, Rifqi Aulia Zaim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.