Workshop Community Relations dan Media Relations Pada Komunitas Club Mobil Brothers Benz Indonesia

Razie Razak(1), Amalia Djuwita(2),
(1) Universitas Telkom  Indonesia
(2) Universitas Telkom  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Razie Razak

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03620

Full Text:    Language : en

Abstract


Hasil dengar pendapat (hearing) dengan mitra komunitas brotherz benz Indonesia mengarah pada kebutuhan membangun relasi komunitas dengan pengampu kepentingan dan media relations untuk publikasi pada media massa. Terdapat keterbatasan para anggota pada skill keterampilan community relatios dan media relations. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka kegiaatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh program studi hubungan masyarakat Universitas Telkom memberikan workshop mengenai community relations yaiu dengan menjadi spoke person pada tayangan talkshow televisi dan media relations dengan memproduksi talkshow televisi. Workhop ini dilakukan selama 2 hari yaitu persiapan dan pelaksanaan talkshow. Metode yang digunakan adalah coaching, diseminasi dan praktik. Materi yang diberikan adalah praktik community relations dan media relations melalui produksi siaran talkshow televisi. Hasil wokshop yang diungkapkan secara kuantitatif dengan merujuk pada angket maka sebanyak 86 % peserta memahami proses community relations dan media relations dengan saluran komunikasi talshow yang disiarkan di televisi.


Keywords


Public Relations, Media Relations, Community Relations

References


Khodarahmi, E. (2009). Media relations. Disaster Prevention and Management: An International Journal, 18(5), 535–540. https://doi.org/10.1108/09653560911003732

Lee, S. T., & Desai, M. H. (2014). Dialogic communication and media relations in non-governmental organizations. Journal of Communication Management, 18(1), 80–100. https://doi.org/10.1108/JCOM-07-2012-0059

Saenz, C. (2021). Community partnership and ownership as key factors of community strategies. A Peruvian case study. Resources Policy, 74(August), 102320. https://doi.org/10.1016/j.resourpol.2021.102320

Shin, J. H., & Cameron, G. T. (2003). Informal relations: A look at personal influence in media relations. Journal of Communication Management, 7(3), 239–253. https://doi.org/10.1108/13632540310807395


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Razie Razak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.