Abstract


Hasil dengar pendapat (hearing) dengan mitra komunitas brotherz benz Indonesia mengarah pada kebutuhan membangun relasi komunitas dengan pengampu kepentingan dan media relations untuk publikasi pada media massa. Terdapat keterbatasan para anggota pada skill keterampilan community relatios dan media relations. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka kegiaatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh program studi hubungan masyarakat Universitas Telkom memberikan workshop mengenai community relations yaiu dengan menjadi spoke person pada tayangan talkshow televisi dan media relations dengan memproduksi talkshow televisi. Workhop ini dilakukan selama 2 hari yaitu persiapan dan pelaksanaan talkshow. Metode yang digunakan adalah coaching, diseminasi dan praktik. Materi yang diberikan adalah praktik community relations dan media relations melalui produksi siaran talkshow televisi. Hasil wokshop yang diungkapkan secara kuantitatif dengan merujuk pada angket maka sebanyak 86 % peserta memahami proses community relations dan media relations dengan saluran komunikasi talshow yang disiarkan di televisi.


Keywords


Public Relations, Media Relations, Community Relations