Implementasi Metode Fun Learning dengan Media Aquascape untuk Anak Jalanan
(1) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(3) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(4) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(5) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(6) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(7) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(8) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(9) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
(10) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Rita Aryani, Asnawati Wulandari, Cut Rosmawati, Faridayani ., Huzaifah ., Nikem Kurnia Ningsih, Marwah ., Tien Purwanti Nurzannah, Unesih ., Zatiyah Lesyani
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03550
Full Text: Language : ind
Abstract
Pendidikan seharusnya dapat diakses dengan mudah oleh semua anak termasuk juga anak-anak jalanan. Pendidikan untuk anak jalanan masih sering terabaikan. Karakter anak jalanan yang beragam dan lebih memprioritaskan aktivitas pemenuhan hidupnya dengan berdagang, mengemis, dan mengamen di jalanan daripada belajar di sekolah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu pihak sekolah dalam membuat metode dan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk anak jalanan agar pendidikan dapat menjadi salah satu prioritas utamanya selain pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kegiatan PKM dilaksanakan selama lima hari pada tanggal tanggal 14 Oktober 2022, 29 Oktober 2022, 12 November 2022, 19 November 2022, dan 26 November 2022 di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA), Setiabudi Jakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM yang dilakukan selama lima hari telah berhasil dengan baik. Kegiatan PKM dilaksanakan ke dalam tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan PKM yang telah dilaksanakan ini sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan di SAAJA melalui metode Fun Learning dan media Aquascape sehingga anak dapat belajar dengan nyaman, senang, dan Bahagia.
Keywords
References
Ahmadi, F. (2021). Mengoptimalkan Keunggulan Pendidikan di Indonesia. Unniversitas Negeri Semarang. https://unnes.ac.id/gagasan/mengoptimalkan-keunggulan-pendidikan-di-indonesia
Attamimi, I. F., Kamaliyah, M., Nurjanah, S., & Dewinggih, T. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kumbung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, November, 84–94.
Bisjoe, A. R. H. (2018). Menjaring Data dan informasi penelitian melalui Focus Group Discussion(FGD): Belajar dari Praktek Lapangan. Info Teknis EBONI, 15(1), 17–28. http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/buleboni/article/view/5117
Laily, I. N. (2022). Pengertian Evaluasi, Tujuan, Prinsip, Unsur, dan Prosesnya. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/iftitah/berita/628c60bfe8e66/pengertian-evaluasi-tujuan-prinsip-unsur-dan-prosesnya
Majoko, T. (2018). Zimbabwean General Education Preschool Teacher Needs in Inclusion. SAGE Open, 8(2). https://doi.org/10.1177/2158244018777568
Novel, I. D., Hirata, K. A., Implikasinya, D. A. N., Pembelajaran, T., Didaktis, S., Indonesia, D. F., Kreativitas, P., Peningkatan, D., Pelajar, L., Model, K., Investigasi, P., Moral, N., Novel, D., Kurniawan, K. E. K. A., Budaya, M., Melalui, L., Untuk, T., Berbahasa, K., Sastra, D. A. N., … Pembelajaran, M. (2019). Diskusi Kelompok Terpumpun Sebagai Upaya Pemerolehan Kosakata Baru Dalam Bahasa Indonesia. Diskusi Kelompok Terpumpun Sebagai Upaya Pemerolehan Kosakata Baru Dalam Bahasa Indonesia, 247–254. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/rb.v5i2.21763.g10676
OHH Ditjen Rehsos. (2020). Komitmen Kemensos Bantu Anak-anak di Kondisi COVID-19 Melalui Progresa. Kemensos RI. https://kemensos.go.id/komitmen-kemensos-bantu-anak-anak-di-kondisi-covid-19-melalui-progresa
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Putra, arif wicaksana. (2015). Pendidikan Non Formal Informal. Pendidikan, 19. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.445
Rahayu, A. P., & Marini. (2022). Pendampingan Pendidikan Bagi Anak Jalanan dan Dhuafa Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Setiap Anak Fakultas Psikologi UMSurabaya Masyarakat miskin kota adalah wujud nyata adanya kesenjangan sosia. Jurnal Pengabdian, 6(2), 320–329.
Reuge, N., Jenkins, R., Brossard, M., Soobrayan, B., Mizunoya, S., Ackers, J., Jones, L., & Taulo, W. G. (2021). Education response to COVID 19 pandemic, a special issue proposed by UNICEF: Editorial review. International Journal of Educational Development, 87, 102485. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102485
Suci, D. T. (2017). Konsep diri anak jalanan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 2(2), 14. https://doi.org/10.23916/08439011
Suryadi, S., Fuad, A., & Badar, S. (2020). Fenomena Anak Jalanan Di Kota Cirebon. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(1), 19. https://doi.org/10.24235/equalita.v2i1.7052
Syafnidawaty. (2020). Observasi. Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/11/10/observasi/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rita Aryani, Asnawati Wulandari, Cut Rosmawati, Faridayani ., Huzaifah ., Nikem Kurnia Ningsih, Marwah ., Tien Purwanti Nurzannah, Unesih ., Zatiyah Lesyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.