Pelatihan aplikasi digital pengolahan AUM seri-PTSDL berbasis website bagi guru bimbingan dan konseling SLTA di Sumatera Barat
(1) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Institut Agama Islam Sumatera Barat  Indonesia
(3) Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)  Indonesia
(6) Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Ifdil Ifdil, Tjung Hauw Sin, Rima Pratiwi Fadli, Nilma Zola, Berru Amalianita
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03380
Full Text: Language :
Abstract
References
Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi digital-age literacy dalam pendidikan abad 21 di Indonesia. Paper presented at the Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains).
Aji, B. S., Nurpitasari, E., Hanum, N. C., Akbar, A. A., & Bhakti, C. P. (2020). Pengembangan asesmen berbasis teknologi untuk keberlangsungan BK ditengah pandemi Covid-19. Paper presented at the Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020.
Andriani, R., & Oktasari, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi alat ungkap masalah (AUM) PTSDL SERI SLTP untuk pemetaan masalah belajar Siswa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36-41.
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.
Cahyawulan, W., Badrujaman, A., Fitriyani, H., Mamesah, M., Wahyuni, E., & Djunaedi, D. (2019). Peningkatan kompetensi teknologi dan informasi guru bimbingan dan konseling. Caradde, 1(2), 195-199.
Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konseling online sebagai salah satu bentuk pelayanan e-konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(1), 15-22.
Ifdil, I., Ilyas, A., Churnia, E., Erwinda, L., Zola, N., Fadli, R. P., . . . Refnadi, R. (2017). Pengolahan Alat Ungkap Masalah (AUM) dengan menggunakan komputer bagi konselor. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 17-24.
Ifdil, I., Sin, T. H., & Fadli, R. P. (2021). Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Pengolahan Alat Ungkap Masalah (AUM) berbasis Website ditinjau dari gender. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(3), 350-355.
Ilyas, A., Ifdil, I., Ardi, Z., Fadli, R. P., Erwinda, L., Churnia, E., . . . Suranata, K. (2018). Validation of AUM software: A counselor tool for analyse human problems on counseling and educational practice. Paper presented at the Journal of Physics: Conference Series.
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351-3363.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109.
Prayitno. (2008). Pedoman Alat Ungkap Masalah (AUM ) Umum Format 1 s.d 5. Padang: Jurusan BK FIP UNP.
Putri, A. C., Sembiring, A. P. D., Rambe, A., & Fitri, A. L. (2022). Pemanfaatan Aum Umum dan Aum Ptsdl Bagi Guru BK. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4916-4919.
Sholihah, I. N. m., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam layanan bimbingan dan konseling di tengah pandemi Covid 19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 477-483.
Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 74-83.
Utomo, D. P., Prayitno, P., & Effendi, Z. M. (2017). Pemanfaatan Hasil AUM PTSDL untuk Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 6(3), 105-112.
Wahidah, N., Cuntini, C., & Fatimah, S. (2019). Peran dan aplikasi assessment dalam bimbingan dan konseling. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(2), 45-56.
Zarirah, Z., Luawo, M. I. R., & Herdi, H. (2014). Kompetensi Teknologi Pada Guru BK. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 153-159.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ifdil Ifdil, Tjung Hauw Sin, Rima Pratiwi Fadli, Nilma Zola, Berru Amalianita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.