Pendampingan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Desa Apar, Kota Pariaman
(1) Universitas Negeri Padang 
(2) Universitas Negeri Padang 
(3) Universitas Negeri Padang 
(4) Universitas Negeri Padang 
(5) Universitas Negeri Padang 
(6) Universitas Negeri Padang 
(7) Universitas Negeri Padang 
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Yaswinda Yaswinda, Yulsyofriend Yulsyofriend, Sandra Dewi, Irsakinah Irsakinah, Vivi Marlina, Windi Elsa Putri, Velina Pratiwi
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03370
Full Text: Language : en
Abstract
Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif meliputi pelayanan gizi, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pelayanan pengasuhan, dan pelayanan perlindungan. Pengembangan pendidikan anak usia dini holistik integratif direncanakan dan diterapkan secara sistematis di satuan PAUD untuk mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak secara optimal agar kelak menjadi anak yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan. Permasalahan pada pengabdian ini belum adanya Pendidikan Anak Usia Dini rintisan di Desa Apar serta layanan posyandu belum terintegrasi dengan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu sosialisasi, pelatihan, seminar dan pendampingan. Waktu pelaksanaan pada bulan Juni-November 2022. Sasaran Pengabdian yaitu orangtua, anak usia 3-4 tahun, guru dan kader posyandu. Hasil pengabdian sudah terlaksananya pendampingan PAUD HI di Desa Apar.
References
E. Sarinastitin. 2019. Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, Volume 2, Issue 1.
Lahmadi, L., Andi Muhammad Multazam, & Kurnaesih, E. (2021). Evaluasi Kunjungan Balita Ke Posyandu Di Masa Pandemi COVID-19 Di Puskesmas Totikum Kab. Banggai Kepulauan. Journal of Muslim Community Health, 2(3), 138-153. https://doi.org/10.52103/jmch.v2i3.551.
Oktaviani, Dewi Ayu & Dimyati. 2021. Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1870-1882.
Peraturan Presiden. 2013. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 tahun 2013 tentang Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI). 84, 487–492.
Rohita, R., Fitria, N., & Nurfadilah, N. 2017. Implementation of Early Childhood Development Integrative and Holistic (Paud HI) in Daycare. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.60
Syarbaini, E. R. 2016. Early Childhood Anti-Violence Education in The Perspective of Psychology. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 91–100.
Ulfah, Maulidya. 2020. Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4 Issue 1 (2020), Pages 10-19
Yaswinda, et.al. 2019. Analisis Program Pelatihan Kader PAUD Terintegrasi Kelurahan Ulak Karang Selatan Kota Padang. EARLY CHILDHOOD:JURNAL PENDIDIKAN, Volume 3 Issue 2, p 26-39.
Yaswinda, Yulsyofriend, & Heni Melia Sari. 2021. Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Yolanda Syintia. Yaswinda. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Literasi di Taman Kanak-Kanak Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. Jurnal Ilmiah Potensia Vol.8 No.1.
Yosi Isratati, Yaswinda, Mega Adyna Movitaria. 2022. Implementasi Model CIPP dalam Pelaksanaan PAUD Holistik Integratif di Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Inovasi Pendidikan , Vol.1 No.8 Januari 2022. p2333-2341.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yaswinda Yaswinda, Yulsyofriend Yulsyofriend, Sandra Dewi, Irsakinah Irsakinah, Vivi Marlina, Windi Elsa Putri, Velina Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.