Abstract


Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif meliputi pelayanan gizi, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pelayanan pengasuhan, dan pelayanan perlindungan. Pengembangan pendidikan anak usia dini holistik integratif direncanakan dan diterapkan secara sistematis di satuan PAUD untuk mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak secara optimal agar kelak menjadi anak yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan. Permasalahan pada pengabdian ini belum adanya Pendidikan Anak Usia Dini rintisan di Desa Apar serta layanan posyandu belum terintegrasi dengan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu sosialisasi, pelatihan, seminar dan pendampingan. Waktu pelaksanaan pada bulan Juni-November 2022. Sasaran Pengabdian yaitu orangtua, anak usia 3-4 tahun, guru dan kader posyandu. Hasil pengabdian sudah terlaksananya pendampingan PAUD HI di Desa Apar.