Pendampingan Digital Marketing bagi Pengrajin Batik Minang Putiandam

Agus Irianto(1), Agusti Efi(2), Friyatmi Friyatmi(3), Gilang Oritaliano Putra(4), Suci Febrina(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang 
(5) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Agus Irianto, Agusti Efi, Friyatmi Friyatmi, Gilang Oritaliano Putra, Suci Febrina

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03320

Full Text:    Language : en

Abstract


Batik Minang memiliki banyak potensi untuk menjadi produk yang lebih baik di wilayah Sumatera Barat. Namun, Batik Putiandam masih menghadapi sejumlah tantangan terkait pemasaran produk agar dikenal masyarakat luas. Pelatihan pemasaran digital bagi perajin batik adalah salah satu opsi yang ditawarkan untuk mengurangi masalah yang terjadi. Kelompok perajin batik Putiandam berpartisipasi dalam Pengembangan Produk Unggulan Daerah ini melalui kegiatan pelatihan dan praktik terbimbing. Para pengrajin dibekali teknik pembuatan kemasan produk, teknik foto produk fashion, dan pembuatan konten pemasaran digital. Pelaksanaan kegiatan pendampingan mencapai hasil sesuai dengan tujuan. Hasil dari kegiatan ini berupa packaging produk dan peningkatan skill mitra dalam promosi produk dalam bentuk pemasaran digital.


Keywords


batik Minang, Digital marketing, UMKM

References


Handayani, W. (2018). Pedagogi estetik berbasis kearifan lokal melalui kriya nusantara batik cianjur. Journal of Urban Society's Arts, 5(2), 59-65.

Hardininingtyas, D., Tama, I. P., Eunike, A., & Andriani, D. P. (2016). Studi faktor kansei pada produk berbasis kearifan lokal (studi kasus: batik malangan). Journal of Engineering and Management in Industrial System, 4(2), 151-160.

Nurcahyanti, D., & Affanti, T. B. (2018). Pengembangan Desain Batik Kontemporer Berbasis Potensi Daerah dan Kearifan Lokal. Jurnal Sosioteknologi, 17(3), 391-402.

Septian, N., Malik, Y. A., Saijunus, M., Rohaeni, N., & Rukmana, R. M. (2021, September). Pendampingan Usaha Batik Banyu Amarta Melalui Pembuatan Media Promosi Produk Batik. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 83-90).

Wahmuda, F., & Hidayat, M. J. (2020). Redesain Logo dan Media Promosi Sebagai Citra Produk Makanan Ringan UKM Benok. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 147-159


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agus Irianto, Agusti Efi, Friyatmi Friyatmi, Gilang Oritaliano Putra, Suci Febrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.