Pemasaran Produk Pelaku Usaha Kecil di Pantai Gondoriah

Ariusni - Ariusni(1), Sri Ulfa Sentosa(2), Vidyarini Dwita(3), Siska Sasmita(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Ariusni - Ariusni, Sri Ulfa Sentosa, Vidyarini Dwita, Siska Sasmita

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03300

Full Text:    Language : Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah melihat strategi pemasaran produk pelaku usaha kecil pedagang Pantai Gondoriah dalam memasarkan produknya sebagai akibat dampak dari Covid 19 yang telah berlangsung selama dua tahun. Penelitian dilakukan di Pantai Gondoriah dengan sampel adalah pelaku kecil pedagangan disepanjang pantai Gondoriah yang memasarkan produknya untuk para wisatawan terutama wisatawan domestik. Metode yang digunakan adalah pelatihan. Ada 15 peserta yang mengikuti pelatihan ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Variabel pemasaran produk diukur dengan menggunakan skala Likert mulai dari sangat setuju (skala 5) hingga sangat tidak setuju (skala 1). Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif yaitu rata-rata dan total pencapaian responden. Hasil penelitian yang ditemukan adalah rata-rata pengetahuan tentang pemasaran produk dari peserta pelatihan yaitu Pelaku Usaha Kecil adalah sebesar 4,38 dengan total capaian responden (TCR) sebesar 87,60 atau berada dalam kategori baik. Dalam memasarkan produk makanan diperlukan inovasi terus menerus dalam mengatasi dampak Covid 19 melalui berbagai media sosial.

Keywords


Pemasaran Produk, Usaha Kecil

References


Badan Pusat Statistik Kota Pariaman. 2020. Kota Pariaman Dalam Angka. Padang : Badan Pusat Statistik.

Deperindag koperasi dan UKM Kota Pariaman. 2020. Rencana Aksi Kerja Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman.

Hayami, Yojiro and Yohihisa Godo. 2010. Developmen Economics; From the Poverty to the Wealth of Nation. New York : Oxford University Press.

Hardilawati, W. laura. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Website Resmi Pemerintah Kota Pariaman (Online) https://www.pariamankota.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ariusni - Ariusni, Sri Ulfa Sentosa, Vidyarini Dwita, Siska Sasmita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.