Pengembangan Wirausaha Mahasiswa UNP Menuju Digital Social Enterpreneurship

Wisroni Wisroni(1), Alim Harun Pamungkas(2), Yunisrul Yunisrul(3),
(1) Universitas Negeri Padang 
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Wisroni Wisroni

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03050

Full Text:    Language : bahasa

Abstract


Mahasiswa yang telah berwirausaha dikembangkan paradigma binisnya ke arah Wirsausaha Sosial (Social Enterpreneurship). Tujuannya yaitu melengkapi orientasi usaha komersial (profit) yang telah dilakukan selama dengan orientasi sosial (benefit). Wirausahawan mahasiswa yang dipilih sebagai tenant berasal dari dua jenis usaha, yaitu usaha kuliner dan konveksi. Pemilihan tenant didasarkan pada kegiatan wirausaha berbasis digital yang dijalankannya. Para tenant memanfaatkan digital platform dalam kegiatan usahanya untuk didorong berkontribusi sosial melalui kegiatan usaha yang dilakukan. Permasalahan tenant yang teridentifikasi untuk pengembangan social entrepreneurship adalah pendanaan, pembentukan jejaring, dan pemanfaatan digital platform dalam pengembangan usaha. Para tenant difasilitasi oleh tim yang berlatarbelakang pengajar pada matakuliah kewirausahaan, baik pada tingkat jurusan ataupun universitas serta dipandu oleh seorang pakar dalam hal pemanfaatan donasi, pendampingan pengelolaan dana donasi, pelatihan bussiness networking berbasis digital, dan pembuatan website rintisan.


Keywords


social entrepreneurship, kewirausahaan, digital, mahasiswa, pendidikan

References


Bateman, M. (2014). The Rise and Fall of Muhammad Yunus and the Microcredit Model. SSRN Electronic Journal, January 2014. https://doi.org/10.2139/ssrn.2385190

Charlesworth, A. (2018). Digital Marketing. Digital Marketing, 48, 82–88. https://doi.org/10.4324/9781315175737

Hossain, D. M. (2013). Social Capital and Microfinance : The Case of Grameen Bank , Bangladesh. Middle East Journal of Business, 8(4), 13–21. https://doi.org/10.5742/mejb.2013.84311

Mahfud, C., Nasution, A. H., Agustin, D. S. Y., Rintaningrum, R., & Prasetyawati, N. (2020). Pelatihan Social Entrepreneurship Bagi Masyarakat Pinggiran di Kota Surabaya Barat. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 21–24. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i1.292

Yudha, A. T. R. C., & Dusturiya, N. (2018). Model Pengembangan Kewirausahaan Sosial Berbasis Mahasiswa pada Lembaga Amil Zakat. El-Qist, 8(1), 1618–1637.

Zhao, Fang; Collier, A. (2017). Digital Entrepreneurship: Research and Practice (PDF Download Available). 9th Annual Conference of the EuroMed Academy of Business, September, 2173–2182. https://www.researchgate.net/publication/309242001_Digital_Entrepreneurship_Research_and_Practice


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wisroni Wisroni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.