Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Pemuda dalam Upaya Mendukung Program Save Maninjau

Armiati Armiati(1), Murni Astuti(2), Yasrul Sami(3), Yuhendri LV(4), Mentari Ritonga(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Armiati Armiati, Murni Astuti, Yasrul Sami, Yuhendri LV, Mentari Ritonga

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02960

Full Text:    Language : en

Abstract


Danau Maninjau merupakan sumber kehidupan dan penghidupan bagi masyarakat setempat. Aktivitas perikanan yang dilakukan di Danau Maninjau saat ini menggunakan teknik Karamba Jaring Apung (KJA), dengan pemeliharaan ikan mas dan ikan nila. Namun, perkembangan KJA yang sangat pesat ini menimbulkan berbagai permasalahan, diantaranya ikan yang ada di permukaan mati secara massal dikarenakan kehabisan oksigen dan keracunan. Air Danau Maninjau pun menimbulkan bau busuk dan mengganggu kehidupan masyarakat sekitar. Berdasarkan fenomena ini, tentunya secara bertahap perlu dipikirkan langkah dapat mengurangi ketergantungan masnyarakat pada usaha KJA. Solusi yang dapat diberikan yaitu dengan membuat program pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat agar dapat beralih dari KJA ke sektor usaha lain melalui program pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berupa kegiatan pelatihan penguasaan keterampilan baru kepada kelompok masyarakat, yaitu sablon baju kaos tema khas Danau Maninjau serta pelatihan pendampingan tata rias kecantikan. Tim pengabdian juga memberikan pelatihan serta pendampingan pembuatan media promosi untuk produk dan jasa yang dihasilkan.


Keywords


pemberdayaan, pemuda, save maninjau

References


Fajar S. Long-Term Change of the Secchi Disk Depth in Indonesian Lakes Shown by Landsat TM and ETM+ Data. 2021;

Hawin M. Pelestarian Danau Maninjau Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Budi Daya Ikan Untuk Stabilisasi Perekonomian di Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi. 2020 Dec 21;1(5):390-7.

Ibrahim A, Sudarso J, Imroatushshoolikhah I, Toruan RL, Sari L. Penggunaan Makrozoobentos Dalam Penilaian Kualitas Perairan Sungai Inlet Danau Maninjau, Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Lingkungan. 2021;19(3):649-60.

Lim DC. Pengaruh faktor perceived price, keamanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di e-commerce.2021. (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).

Nanda LD, Tan F, Noer M. Tingkat partisipasi masyarakat dalam program penyelamatan dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan Danau Maninjau. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan. 2019 Apr 4;8(2):105-15.

Purba DA, Darwis AN, Bathara L. Fish Cultivation Adaptation Strategy Post-occurrence Tubo Balerang in Maninjau Lake Jorong Galapung Nagari Tanjung Sani Tanjung Raya District Agam Regency West Sumatera Province. 2018 Apr; (Doctoral dissertation, Riau University).

Rri.co.id. Wagub Sumbar: "Souvenir Museum Buya Hamka Ditambah". 2022. Diakses dari https://rri.co.id/bukittinggi/info-publik/1314730/wagub-sumbar-souvenir-museum-buya-hamka-ditambah?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_ campaign=General%20Campaign

Sumbarkita.id. Petani Maninjau Protes Rencana Pengurangan Keramba. 2021 Juni 14; Diakses dari https://www.sumbarkita.id/petani-maninjau-protes-renca-pengurangan-keramba/

Susanthi IG, Umiyati M, Nurwahyuni K. Pelatihan Penulisan Bahasa Iklan dan Strategi Promosi di Masa Pandemi. Community Service Journal (CSJ). 2021 Jul 29;3(2):70-80.

Wahyuni D, Putri RW, Sovia RF, Yendri IP, Putra RB. Strategi Kreatif Dalam Mendukung Pengelolaan Tambak Ikan Di Danau Maninjau Dimasa Covid-19. Kontan: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis. 2022 Feb 2;1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Armiati Armiati, Murni Astuti, Yasrul Sami, Yuhendri LV, Mentari Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.