Abstract


Prioritas masalah yang akan diselesaikan dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya adalah: (1) aspek penguasaan konsep materi melukis teknik tarikan benang, lipatan, dan tiupan, dan (2) aspek model lukisan teknik tarikan benang, lipatan, dan tiupan. Tujuan kegiatan untuk masing-masing aspek adalah: (1)  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Guru dalam melukis teknik tarikan benang, lipatan, dan tiupan sesuai dengan kemampuan murid SD. (2) Merancang dan membuat model lukisan teknik tarikan benang, lipatan, dan tiupan, sebagai model pembelajaran murid SD. Metode pemecahan masalah adalah: (1) perancangan model, (2) penyuluhan dan diskusi, (3) pelatihan/workshop/praktikum, dan (4) pameran. Hasil yang diperoleh; (1) Aspek penguasaan  konsep melukis dengan teknik tarikan benang, lipatan, dan tiupan adalah: (a) Tingkat pemahaman guru menguasai konsep materi lukisan teknik tiupan pada akhir kegiatan adalah sebesar 75,33, teknik lipatan sebesar 70.00, dan teknik tarikan benang sebesar 71.00, (b) Setiap peserta telah mengaplikasikan ilmu tersebut dengan menghasilkan masing-masing tiga produk lukisan. (2) Aspek model telah menghasilkan desain dan model lukisan teknik tiupan, lipatan, dan tarikan benang sebagai model pembelajaran murid SD.


Keywords


lukisan, teknik tarikan benang, lipatan, dan tiupan