Pemanfaatan Canva dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Para Guru SMA di Kabupaten Padang Pariaman

Yance Sonatha(1), Meri Azmi(2), Indri Rahmayuni(3), Dwiny Meidelfi(4),
(1) Politeknik Negeri Padang  Indonesia
(2) Politeknik Negeri Padang  Indonesia
(3) Politeknik Negeri Padang  Indonesia
(4) Politeknik Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Indri Rahmayuni, Yance Sonatha, Meri Azmi

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02930

Full Text:    Language : en

Abstract


SMA 1 V Koto Timur merupakan salah satu SMA Negeri yang berada di Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Selama pandemik covid 19, SMA 1 V Koto Timur melaksanakan proses pembelajaran dengan mengkombinasikan pembelajaran langsung dengan pembelajaran dalam jaringan(daring /online). Pembuatan media pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan untuk membuat ketertarikan siswa dalam mempelajarinya sehingga target pembelajaran dapat dicapai walaupun dilakukan secara tidak langsung. Permasalahan yang dihadapi sekarang adalah minimnya pengetahuan mengenai aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pembuatan media pembelajaran yang lebih interaktif. Pengabdian kepada Masyarakat yang diadakan berupa kegiatan pelatihan penggunaan canva untuk pembuatan media pembelajaran interaktif dan komunikatif menggunakan aplikasi Canva. Kegiatan berlangsung sukses ditandai dengan meningkatnya pemahaman mereka mengenai penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran yang interaktif.

References


Ahmad, A (2012). Pengembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi : Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabliqh vol 13 No 1, pp 137-149

Ali, Muhammad. (1992). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Junaedi,S (2020). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima : Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora vol 7 No 2, pp 80-89

Magdalena,I., Shodikoh,A.F dan Pebrianti, A.R (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains vol 3 No 2, pp 312 – 325

Nafrin,I.A dan Hudaidah (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol 3 No 2, pp 456-462

Piantara, I.G.N dkk (2021). Adaptasi Desainer Grafis di Era Perkembangan Aplikasi Instan Desain. SANDI : Seminar Nasional Desain Vol 1

Purba,Y.A dan Harahap.A (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 06, No. 02, pp. 1325-1334

Rahmatullah, Inanna dan Ampa, A.T (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha vol 12 No 2, pp 317-327

Sundari, P.D dkk (2022). Optimalisasi Pembelajaran Daring Melalui Pengembangan Program Resitasi Interaktif Bagi Guru Fisika SMA di Kabupaten Sijunjung. Transformasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat vol 18 no 1, pp 22-32

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Undang-Undang Reepublik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahid,A (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra’ : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol V No 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indri Rahmayuni, Yance Sonatha, Meri Azmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.