Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif Bagi Guru SMK Negeri 1 Baso, Kabupaten Agam

Efni Cerya(1), Elv Rahmi(2), Zuliarni Zuliarni(3),
(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Efni Cerya, Elv Rahmi, Zuliarni Zuliarni

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02450

Full Text:    Language : en

Abstract


SMKN 1 Baso merupakan salah satu sekolah kejuruan yang juga terbuka dan menerima adanya perkembangan teknologi dan informasi. Hasil diskusi dengan mitra menunjukkan bahwa pada saat ini guru-guru sudah mulai menggunakan IT dalam pembuatan media pembelajaran. Namun, masih terbatas dengan penggunaan power point, dan sebagian kecil sudah menggunakan video. Disisi lain, pembelajaran daring di masa pandemic menuntut kreativitas guru dalam menyediakan sumber belajar siswa. Latar belakang guru yang heterogen baik dari segi usia, pendidikan, dan tingkat kemelekan teknologi menjadi challenge tersendiri oleh sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic ini. Oleh karena itu, dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang diberikan pelatihan pembuatan multimedia interaktif bagi guru SMKN 1 Baso. Pelatihan diikuti oleh 47 orang guru. Pelatihan dilaksanakan selama 15 hari dengan metode sosialiasi dan diseminasi, latihan terbimbing, dan praktek. Materi pelatihan yang diberikan yaitu Esensi penggunaan multimedia dalam pembelajaran daring, Teknik dan strategi pembuatan multimedia interaktif dan Praktek pembuatan Multimedia interaktif dengan sparkol video scribe. Hasil pelatihan dianalisis secara kuantitatif berdasarkan angket yang telah disebarkan dan menunjukkan bahwa semua peserta merasa mendapat pengetahuan dan keterampilan baru yaitu pembuatan multimedia interaktif dengan menggunakan sparkol video scribe dan 85% peserta di akhir pelatihan mampu untuk mengoperasikan aplikasi dan membuat media pembelajaran.

References


Afiatin, T., Sonjaya, J. A., & Pertiwi, Y. G. (2013). Mudah dan sukses menyelenggarakan pelatihan: Melejitkan potensi diri. Yogyakarta: Kanisius.

Andresen, B. B., & van den Brink, K. (2002). Multimedia in education. Infarmation Technologies at School: Conference Materials, 5–8.

Azhar, A. (2008). Media Pembelajaran. Meedia Pembelajaran. https://doi.org/media pembelajaran

Cerya, E., & Rahmi, E. (2019). Peningkatan literasi keuangan pelaku usaha songket di kenagarian halaban kab. Lima puluh kota melalui pelatihan manajemen keuangan usaha dan rumah tangga. Journal of Community Service, 1(1), 96–102.

Cone of Experience. (2012). In Encyclopedia of the Sciences of Learning. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6_3586

Efni Cerya. (2014). Penggunaan Media Berbasis Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi 1 . Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi .

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Prasetiawan, H. (2017). Optimalisasi Multimedia Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 199–204.

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants Part 1. On the Horizon. https://doi.org/10.1108/10748120110424816

Sutopo, H. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia. Tersedia: Http://Www. Topazart. Info/Teks_teaching/Mat/Flash/TutorialBahanAjar Multimedia. Pdf.

Vaughan, T. (2004). Multimedia: Making it Work (6nd). Yogyakarta: Andi. Terjemahan Dari Multimedia: Making It Work, Sixth Edition. New York: McCraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Efni Cerya, Elv Rahmi, Zuliarni Zuliarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.