Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Rangkaian Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Electrical Simulator di SMK N 1 Kepulauan Mentawai

Wanda Afnison(1), Erzeddin Alwi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 wanda afnison

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02080

Full Text:    Language : en

Abstract


SMK N 1 Kepulauan mentawai merupakan satu-satunya SMK yang berada di pulau Sipora kepulauan Mentawai. Berdiri sejak 2014 tidak menjadikan sekolah ini tumbuh baik dengan sarana dan prasarana yang menunjang PBM. Meskipun sudah 6 tahun berdiri tapi pergerakan sekolah ini masih jauh dari harapan. Keterbatasan peralatan praktikum, rendahnya penegakan disiplin di lingkungan sekolah sampai kepada keterbatasan pasokan listrik yang hidup terkadang hanya 3 - 4 jam dalam sehari. Kondisi permasalahan ini secara langsung berdampak kepada lemahnya peminat calon siswa baru untuk bersekolah di SMK N 1 Kepulauan Mentawai.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, pengusul menargetkan pembuatan simulator kelistrikan sepeda motor sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran kelistrikan sepeda motor. Penggunaan simulator dalam PBM memudahkan siswa memahami wiring kelistrikan dan peserta juga bisa langsung melakukan praktik perangkaian system kelistrikan serta melakukan trouble shooting (analisa kerusakan) pada system kelistrikan sepeda motor. Dalam jangka pendek pengusul menargetkan PBM menggunakan simulator ini mampu meningkatkan pemahaman/kompetensi siswa dan dalam jangka panjang kondisi ini diharapkan mampu menarik minat calon siswa baru untuk sekolah di SMK N 1 Kepulauan Mentawai dikarenakan sudah membaiknya ketersediaan peralatan praktik yang dimiliki sekolah.

Dari hasil evaluasi pada fase post test diperoleh peningkatan pengetahuan dan kompetensi siswa terkait materi system kelistrikan sebesar 15-20%. Pengusul yakin jika metode praktik ini mampu dipertahankan maka akan sangat berdampak terhadap peningkatan kompetensi siswa secara keseluruhan.

Keywords


Sistem kelistrikan, Mentawai, Analisa kerusakan

References


Afnison, W., & Alwi, E. (2019). Program Pelatihan CAD “SOLIDWORKS” Bagi Guru SMK N 2 Payakumbuh Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi dan Daya Saing SMK Daerah di Tingkat Nasional. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1), 10. https://doi.org/10.24036/sb.0380

Alwi E., Hidayat N., Afnison W, Y. D. (2018). PROGRAM UP-GRADE SKILL SERVICE SEPEDA MOTOR BAGI MEKANIK BENGKEL PEMULA. PAKAR PENDIDIKAN. VOL. 16 NO. 1 JANUARI 2018 (16-21), VOL 16, 16–21.

Fernandez D., Chandra R., Maksum H., A. W. (2018). WORKSHOP PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ). (4).

Hidayat N., Arif A., Setiawan M.Y., A. W. (2018). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pemuda Putus Sekolah Melalui Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 83–90. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.360

Hidayat, N., Setiawan, M. Y., Arif, A., Afnison, W., & Basri, I. Y. (2019). Pelatihan Perawatan Sepeda Motor PGM FI (Programmed Fuel Injection) bagi Siswa SMKN 1 Kec. Luak Kab. 50 Kota. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(3), 175. https://doi.org/10.24036/sb.0290

Penyusun, T., Penelitian, L., Pengabdian, D. A. N., Masyarakat, K., & Masyarakat, K. (2019). Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Saputra, H. D., Alwi, E., & Afnison, W. (2019). Pelatihan Servis Sepeda Motor Injeksi Mekanik Bengkel Konvensional di Kabupaten Solok Selatan. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 1. https://doi.org/10.24036/sb.0220

Wagino, W., Amin, B., Afnison, W., & Saputra, H. D. (2019). Program Pelatihan Sistem Electronic Fuel Injection (Efi) Mobil Bagi Siswa SMK N 1 Kecamatan Luak, Kabupaten 50 Kota. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1), 1. https://doi.org/10.24036/sb.0350


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 wanda afnison

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.