Aplikasi Teknologi Tepat Guna Pada Mesin Perajang Jerami Dalam Meningkatkan Efisiensi Kinerja Petani

Bulkia Rahim(1), Arwizet K(2), Primawati Primawati(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Bulkia Rahim

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02030

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan pertama yang di alami petani padi adalah pengolahan jerami padi setelah proses panen padi, jerami yang sudah terendam air maka jerami sulit di bakar, waktu pelapukan jerami membutuhkan waktu yang lama sehinga mengakibatkan ada bagian sawah yang tidak termanfaatkan pada kumpulan jerami serta mengundang hama (tikus) di sawah petani. Permasalahan kedua dari petani padi adalah apabila jerami padi di bakar, hal ini mengakibatkan meningkatnya polusi dari asap pembakaran, pembakaran ini juga berdampak kepada hilangnya kesuburan tanah pada bagian sisa pembakaran sehingga mengakibatkan menurun nya hasil panen petani padi. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyediakan Mesin Pencacah Jerami dalam meningkatkan efisiensi kinerja petani. Mesin Perajang/perajang Jerami merupakan salah satu per Mesinan usaha yang memiliki kegunaan untuk pencacah/perajang jerami. Metode yang digunakan adalah pengembangan teknologi tepat guna. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu: tahap pertama, observasi dengan melakukan metode pengumpulan data dokumentasi dan diskusi dengan petani padi. Tahap kedua adalah tahap pengembangan mesin Perajang/perajang jerami. Hasil luaran utama yang dicapai dalam program ini adalah tersedianya mesin Perajang/perajang jerami. Hasil lain dari program ini adalah peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi mesin Perajang/perajang jerami. serta meningkatkan taraf hidup masyarakat Kanagarian Padang Belimbing Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat.

 

 


Keywords


Efisiensi, Kinerja, Petani Padi, Mesin, Pencacah, Jerami

References


Armanto, E., Khijazi, A., & Widyanis, S. (n.d.). Rancang Bangun Mesin Pencacah Jerami dengan Kapasitas 25 Kg/Jam. 51–54.

Hidayat, M., & Gunanto, A. (2006). Mesin Pencacah Hijauan Pakan Ternak ( Performance Evaluation of Paddy Straw Chopper Machinery ). Enjiniring Pertanian, IV(2).

Nugraha, T. E. (n.d.). Perancangan Mesin Pencacah Jerami untuk Pakan Ternak. University of Muhammadiyah Malang.

Sa’diyah, H., Hadi, A. F., Herry Purnomo, B., & Sudarko. (2015). Aplikasi Mesin Pencacah dan Fermentasi Jerami dalam Produksi Kompos di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(1), 43–46.

Sugandi, W. K., & Maulida, D. (2018). Rekayasa Mesin Pencacah Jerami Padi. Agrikultura, 29(1), 9–18.

Susilo, D. D., Widodo, P. J., & Ubaidillah. (2012). Mekanisasi Proses Pencacahan Bahan Pakan Ternak dalam Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi. 11(September), 31–36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bulkia Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.