Berbagi Ilmu dengan Guru-Guru SMKN-1 Pariaman Melalui Trainer Otomasi Industri Sorting Machine

Riki Mukhaiyar(1), Fivia Eliza(2), Herlin Setiawa(3), Dedi Irfan(4), Nevi Faradian(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 
(3) Universitas Negeri Padang 
(4) Universitas Negeri Padang 
(5) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Riki Mukhaiyar, Fivia Eliza, Herlin Setiawa, Dedi Irfan, Nevi Faradian

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01880

Full Text:    Language : id

Abstract


Sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan unggulan di Sumatera Barat, SMKN 1 Pariaman diberikan kepercayaan untuk memiliki jurusan Teknik Otomasi Industri. Jurusan ini ada dengan tujuan untuk menyiapkan lulusan sekolah menengah siap kerja di bidang otomasi industri. Artinya bahwa lulusan sekolah ini diharuskan bisa mengikuti pola proses kerja yang dilaksanakan di industri-industri. Tetapi, sekolah memiliki keterbatasan dalam menyelaraskan aktivitas motorik anak didik dengan aktivitas real yang ada di industri karena kurangnya peralatan atau trainer yang relavan dengan industri. Menyingkapi hal ini, melalui program pengabdian kepada masyarakat UNP, tim dosen Fakultas Teknik UNP telah menyiapkan sebuah trainer mini industri dengan konsep Sorting Machine. Khusus untuk trainer ini, penyortiran barang yang dilakukan adalah terhadap barang-barang yang memiliki unsur logam. Jadi, apabila kita menyediakan berbagai jenis barang, dimana salah satunya adalah logam, maka trainer akan menyortir barang logam dan membiarkan barang non-logam berlalu di atas conveyor beltnya. Trainer yang memiliki proses industri seperti ini tentunya akan berguna bagi guru dan siswa SMK karena mampu mengilustrasikan salah satu aktivitas yang akan ditemui di industri. Oleh karena itulah, dengan membekali para guru di jurusan Teknik Otomasi Industri SMKN 1 Pariaman melalui kegiatan PKM UNP ini, diharapkan para guru mampu menggunakan trainer sebagai media pembelajaran di kelas yang mereka ampu nantinya.

Keywords


trainer otomasi industri, SMK

References


Diantoro, F., & Suprianto, B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Plc Untuk Aplikasi Konveyor Sortir Benda Metal Dan Non Metal Di Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(02), 493–500.

Puspitasari, F., Permata, E., & Hamid, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Simulator Lift 4 Lantai Berbasis Plc Pada Mata Kuliah Otomasi Industri. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 98.

Risfendra, R., Candra, O., Syamsuarnis, S., & Firman, F. (2019). Teaching Aid Development of Elecropneumatic Based Automation Course. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299(Ictvet 2018), 214–217.

Risfendra, R., Sukardi, S., & Setyawan, H. (2020). Uji Kelayakan Penerapan Trainer Programmable Logic Controller Berbasis Outseal PLC Shield Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 48.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Agustia, K., Mukhaiyar, R., “Developing An Instructional Model Blended Learning On Appropriate Technology Course”, Progress in Social Science, Humanities and Educational Research Symposium, pp. 71-75, 2020.

Aldila, S., Mukhaiyar, R., “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi”, Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, vol. 2, iss. 2, pp. 51-57, 2020.

Arif, A., Mukhaiyar, R., “Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang”, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 1, pp. 114-119, 2020.

Elsovia, N., Mukhaiyar, R., “Evaluation of Learning Media Virtual Box Application in Basic Network Computer”, EDUTEC: Journal of Education and Technology, vol. 4, no. 2, pp. 216-224, 2020.

Firdaus, F., Mukhaiyar, R., “Pengembangan Buku Siswa Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Masalah untuk Siswa SMK Teknologi”, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 192-201, 2021.

Sikumbang, AR., Mukhaiyar, R., “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang”, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 1, pp. 271-279, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riki Mukhaiyar, Fivia Eliza, Herlin Setiawa, Dedi Irfan, Nevi Faradian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.