Pelatihan Learning Management System (LMS) untuk Menyiapkan Guru-guru MGMP Teknik Ketenagalistrikan Sumbar dalam Mengelola Pembelajaran Daring

Fivia Eliza(1), Asnil Asnil(2), Vera Irma Delianti(3), Dwiprima Elvanny Myori(4), Radinal Fadli(5), Muhammad Hakiki(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 
(3) Universitas Negeri Padang 
(4) Universitas Negeri Padang 
(5) STKIP Muhammadiyah Muara Bungo 
(6) STKIP Muhammadiyah Muara Bungo 

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Fivia Eliza, Asnil Asnil, Vera Irma Delianti, Dwiprima Elvanny Myori, Radinal Fadli, Muhammad Hakiki

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01840

Full Text:    Language : en

Abstract


Pentingnya penguasaan ICT oleh serang guru baik dalam hal mempersiapkan media dan sumber pembelajaran digital maupun melaksanakan dan mengelola pembelajaran secara daring merupakan tantangan bagi para guru dalam meningkatkan kompetensinya di era Revolusi Industri 4.0. Peran guru sangat menentukan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berbasis dunia industri. Usaha untuk meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan kualitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan serta sosialisasi pembelajaran berbasis komputer. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam bidang ICT melalui pelatihan dan pendampingan secara berkala bagi guru-guru SMK TITL di Sumatera Barat. Metode pelatihan yang dilakukan yaitu memberikan pertanyaan/wawancara tentang pengetahuan guru di bidang pembelajaran berbasis ICT, termasuk pembelajaran daring serta menceritakan pengalaman mereka selama ini, kemudian memberikan pelatihan sesuai dengan masalah yang dihadapi, serta memberikan postest berupa angket di akhir kegiatan. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah meningkatnya kompetensi guru SMK Teknik Ketenagalistrikan dalam merancang proses pembelajaran daring yang dibuktikan dengan hasil rancangan e-learning masing-masing peserta sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing dan juga meningkatnya keyakinan dan kepercayaan diri guru SMK dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam layanan digital pembelajaran

Keywords


LMS, Pembelajaran daring, Kompetensi Guru SMK, Teknik Ketenagalistrikan

References


“Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005.pdf.” .

S. Nurhidayah, D. Aribowo, and D. Desmira, “Penerapan Aplikasi Simulasi Electronic Workbench Dan Proteus Pada Materi Penerapan Rangkaian Elektronika Bagi Siswa Kelas Xi Teknik Elektronika Industri,” J. Edukasi Elektro, vol. 4, no. 2, pp. 120–128, 2020, doi: 10.21831/jee.v4i2.35331.

N. S. Hanum, “Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto),” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 1, pp. 90–102, 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i1.1584.

S. B. Sjukur, “Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 2, no. 3, pp. 368–378, 2013, doi: 10.21831/jpv.v2i3.1043.

S. D. Ramdani, R. A. Z. El Islami, H. Pratiwi, M. Fawaid, H. Abizar, and I. Maulani, “Developing digital teaching material on Basic Electricity based on problem-based learning in vocational education,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 11, no. 1, pp. 78–91, 2021, doi: 10.21831/jpv.v11i1.38894.

R. E. Pratama and S. Mulyati, “Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19,” Gagasan Pendidik. Indones., vol. 1, no. 2, p. 49, 2020, doi: 10.30870/gpi.v1i2.9405.

D. Ratnawati and V. Vivianti, “Student Perceptions of Online Learning in Information Technology Application Practice Courses,” J. Edukasi Elektro, vol. 4, no. 2, pp. 110–119, 2015.

JDIH BPK RI, “Undang-Undang No.23 Tahun 2014,” no. 1–311, 2014.

F. Eliza, “Pelatihan Software Engineering PLC ( Programmable Logic Controller ) dan HMI ( Human Machine Interface ) di SMKN 1 SUTERA,” Suluah Bendang Jurna; Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 21, no. 1, pp. 65–73, 2021, doi: 10.24036/sb.0810.

F. Eliza, Hastuti, D. E. Myori, and D. T. P. Yanto, “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan melalui Pelatihan Software Engineering,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. V, no. 1, pp. 37–45, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fivia Eliza, Asnil Asnil, Vera Irma Delianti, Dwiprima Elvanny Myori, Radinal Fadli, Muhammad Hakiki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.