Abstract


Pentingnya penguasaan ICT oleh serang guru baik dalam hal mempersiapkan media dan sumber pembelajaran digital maupun melaksanakan dan mengelola pembelajaran secara daring merupakan tantangan bagi para guru dalam meningkatkan kompetensinya di era Revolusi Industri 4.0. Peran guru sangat menentukan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berbasis dunia industri. Usaha untuk meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan kualitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan serta sosialisasi pembelajaran berbasis komputer. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam bidang ICT melalui pelatihan dan pendampingan secara berkala bagi guru-guru SMK TITL di Sumatera Barat. Metode pelatihan yang dilakukan yaitu memberikan pertanyaan/wawancara tentang pengetahuan guru di bidang pembelajaran berbasis ICT, termasuk pembelajaran daring serta menceritakan pengalaman mereka selama ini, kemudian memberikan pelatihan sesuai dengan masalah yang dihadapi, serta memberikan postest berupa angket di akhir kegiatan. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah meningkatnya kompetensi guru SMK Teknik Ketenagalistrikan dalam merancang proses pembelajaran daring yang dibuktikan dengan hasil rancangan e-learning masing-masing peserta sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing dan juga meningkatnya keyakinan dan kepercayaan diri guru SMK dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam layanan digital pembelajaran

Keywords


LMS, Pembelajaran daring, Kompetensi Guru SMK, Teknik Ketenagalistrikan