Implementasi Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru Sd Di Kota Padang

Alwen Bentri(1), Abna Hidayati(2), Ulfia Rahmi(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Alwen Bentri, Abna Hidayati, Ulfia Rahmi

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0170

Full Text:    Language :     Language : 

Abstract


Pelatihan ini diadasari fenomena minimnya pengetahuan guru tentang pengembangan bahan ajar, khususnya berbasis teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mendeskripsikan pengetahuan awal guru tentang penguasaan bahan ajar dan pengembangannya berbasis teknologi informasi, 2)mendeskripsikan penguasaan keterampilan kepada guru dalam mengembangan bahan ajar berbasis teknologi informasi menggunakan aplikasi sederhana, 3)mengemukakan kendala-kendala dan solusi guru dalam pengembangan bahan ajar berbasis teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar sebanyak 30 orang. Sampel diambil secara purposiv yakni dipilih dari Kecamatan Padang Selatan sebagai lokasi penelitian. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1)bahwa sebagian besar guru belum mengembangkan bahan ajar sendiri, 2)guru sudah memiliki keterampilan sederhana dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi informasi, 3) kendala yang ditemui guru yakni kurang memahami bagaimana memilih sumber yang baik untuk pengembangan bahan ajarnya.


References


Sampun Hadam, MM, Nastiti Rahayu, S.Pd, Ayu NUr Ariyani, S. P. (2017). Strategi Implementasi Revitalisasi SMK (1st ed.). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Hidayati, A. (2019). The analysis of influencing factors of learning styles , teacher ’ s perceptions and the availability of learning resources in elementary schools in Padang , West Sumatra T he analysis of influencing factors of learning styles , teacher ’ s perceptions and the availability of learning resources in elementary schools in Padang , West Sumatra. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012149

Hidayati, A., Amilia, W., & Amsal, M. F. (2018). Need Analysis of Media Video Development for Character Education at Early Childhood Education in Padang. 169(Icece 2017), 108–110. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.26

Novitasari, W., & Siregar, Y. A. (2018). WORKSHOP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. 1, 149–157.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KREATIF INOVATIF BERBASIS POTENSI LOKAL Nurul Zuriah 1 , Hari Sunaryo 2 , Nurbani Yusuf 3. 13, 39–49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Alwen Bentri, Abna Hidayati, Ulfia Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.