Abstract
Pelatihan ini diadasari fenomena minimnya pengetahuan guru tentang pengembangan bahan ajar, khususnya berbasis teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mendeskripsikan pengetahuan awal guru tentang penguasaan bahan ajar dan pengembangannya berbasis teknologi informasi, 2)mendeskripsikan penguasaan keterampilan kepada guru dalam mengembangan bahan ajar berbasis teknologi informasi menggunakan aplikasi sederhana, 3)mengemukakan kendala-kendala dan solusi guru dalam pengembangan bahan ajar berbasis teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar sebanyak 30 orang. Sampel diambil secara purposiv yakni dipilih dari Kecamatan Padang Selatan sebagai lokasi penelitian. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1)bahwa sebagian besar guru belum mengembangkan bahan ajar sendiri, 2)guru sudah memiliki keterampilan sederhana dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi informasi, 3) kendala yang ditemui guru yakni kurang memahami bagaimana memilih sumber yang baik untuk pengembangan bahan ajarnya.