Pelatihan Pendampingan Sistem Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Google Meet Untuk Mendukung Distance Education Untuk MGMP Sejarah Kabupaten Lampung Selatan

sumargono sumargono(1), Aprilia Triaristina(2), Yustina Sri Ekwandari(3),
(1) UNIVERSITAS LAMPUNG  Indonesia
(2) UNIVERSITAS LAMPUNG  Indonesia
(3) UNIVERSITAS LAMPUNG  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 sumargono sumargono, Aprilia Triaristina, Yustina Sri Ekwandari

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01640

Full Text:    Language : en

Abstract


Peningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa SMA se Kabupaten Lampung Selatan  melalui kegiatan pendampingan terhadap guru-guru MGMP Sejarah  dalam pengembangan sistem pembelajaran online berbasis aplikasi Google Meet bagi guru-guru. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan melakukan  proses  pendampingan  sistem  pembelajaran  online  berbasis  aplikasi  yang disebarluaskan kemasyarakat khususnya di sekolah-sekolah sebagai pemecah persoalan pengembangan pembelajaran di era pandemi covid-19. Google meet aplikasi digunakan sebagai pendukung distance education.  Berdasarkan hasil kegiatan didapat simpulan bahwa pembelajaran online dapat meningkatkan proses belajar mahasiswa yang lebih mandiri, kreatif serta inovatif. Apabila materi yang disampaikan pada google meeting dirancang secara detail, dan sistematis, maka pembelajaran sejarah di  SMA se Kabupaten Lampung Selatan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan siswa. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran online ini dapat dilakukaan dengan kegiatan sosialisasi lebih intens diantara guru, guru dengan siswa. Selain itu, mencari solusi alternatif dalam menghadapi kendala diantaranya siswa mencari alternatif dengan memakai modem internet pribadi, warnet, atau dengan menggunakan aplikasi wifi.id berbayar yang telah disediakan oleh pihak sekolah guna meminimalisir kendala.  Secara  umum,  pembelajaran  berbasis online ini  manarik,  menantang kemandirian siswa dalam belajar dan sebagai solusi terbaik di massa pandemic covid-19 yang menuntut physical distancing.


Keywords


Sejarah, Google Meet, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Online

References


Belawati, Tian. (2019). Pembelajaran Online Penerbit: Universitas Terbuka.

Buntoro, G. A., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. (2018). Pemanfaatan E-Learning

Quipper School oleh Guru dan Siswa untuk Optimalisasi Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal ofCommunityEngagement),Vol.3,pp.153 160https://doi.org/10.22146/jpkm.27404

E, Mulyasa (2009) Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

G. Basilaia and D. Kvavadze, “Transition to Online Education in

School during a SARS-Co v-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia,"Pedagog.Res.,Vol 5,no4 2020 https://ulm.ac.id/id/2017/10/20/pemanfaatan-teknologi- untuk-pendidikan/

J. C. Plantin, C. Lagoze, P. N. Edwards, and C. Sandvig, “Infrastructure studies

meet platform studies in the age of Google and Facebook,” New Media Soc., vol. 20, no. 1, 2018.

Maulana, D. A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Google Apps for Education Bagi

Guru - Guru di MGMP Matematika SMA Kabupaten dan Kota Kediri. 1390–1396.

M. M. E. I. Bali, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Informasi Dan Komunikasi Dalam Distance Learning,” Tarbiyatuna Kaji. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 29–40, 2019.

Nasution, R. D., Saragih, F. H. and Sembiring, P. S. M. A. (2020) ‘Pendampingan

Sistem Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Google Meet Bagi Guru-Guru Smp It Daarul Istiqlal Dan Smp It Rahmat Marindal I, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), p. 188. doi: 10.24114/jpkm.v26i4.20365.

Purba, R. et al. (2020) ‘Pembelajaran Berbasis Google Classroom , Geoogle’,

(4), pp. 410–416.

R. Pakpahan and Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam

Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” J. Inf. Syst. Applied, Manag Account. Res., vol. 4, no. 2, pp. 30–36,2020

Sarmini, S., Pandanarum, P. and Permanasari, D. A. (2020) ‘Pelatihan Google

Apps for Education Kepada Guru Madrasah Aliyah (Ma) Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara’, SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), p. 437. doi: 10.31764/jpmb.v4i1.3213.

Sawitri, D. (2020) ‘Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era

Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)’, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), pp. 13–21.

Shi, H., Han, X., Jiang, N., Cao, Y., Alwalid, O., Gu, J., ... & Zheng, C.(2020).

Radiologica findings from 81 patients with COVID-19 pneumonia in Wuhan, China: a descriptive study. The Lancet Infectious Diseases. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30086-4

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan

Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 sumargono sumargono, Aprilia Triaristina, Yustina Sri Ekwandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.