Abstract
Peningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa SMA se Kabupaten Lampung Selatan melalui kegiatan pendampingan terhadap guru-guru MGMP Sejarah dalam pengembangan sistem pembelajaran online berbasis aplikasi Google Meet bagi guru-guru. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan melakukan proses pendampingan sistem pembelajaran online berbasis aplikasi yang disebarluaskan kemasyarakat khususnya di sekolah-sekolah sebagai pemecah persoalan pengembangan pembelajaran di era pandemi covid-19. Google meet aplikasi digunakan sebagai pendukung distance education. Berdasarkan hasil kegiatan didapat simpulan bahwa pembelajaran online dapat meningkatkan proses belajar mahasiswa yang lebih mandiri, kreatif serta inovatif. Apabila materi yang disampaikan pada google meeting dirancang secara detail, dan sistematis, maka pembelajaran sejarah di SMA se Kabupaten Lampung Selatan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan siswa. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran online ini dapat dilakukaan dengan kegiatan sosialisasi lebih intens diantara guru, guru dengan siswa. Selain itu, mencari solusi alternatif dalam menghadapi kendala diantaranya siswa mencari alternatif dengan memakai modem internet pribadi, warnet, atau dengan menggunakan aplikasi wifi.id berbayar yang telah disediakan oleh pihak sekolah guna meminimalisir kendala. Secara umum, pembelajaran berbasis online ini manarik, menantang kemandirian siswa dalam belajar dan sebagai solusi terbaik di massa pandemic covid-19 yang menuntut physical distancing.