Pemberdayaan Tanaman Obat Keluarga Dan Senam Anti Rematik Sebagai Pencegahan Penyakit Arthritis

Cahya Tribagus Hidayat(1), Abdul Jalil(2),
(1) Prodi Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Jember  Indonesia
(2) Magister Agronomi, Universitas Jember  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Cahya Tribagus Hidayat

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01400

Full Text:    Language : 

Abstract


Penyakit arthritis atau reumatik adalah penyakit yang menyerang sistem muskuloskeletal dan persendian, yang melibatkan beberapa organ dan sistem tubuh secara keseluruhan, yang ditandai dengan pembengkakan, dan nyeri sendi. Dimana penyakit arthritis sering terjadi pada masyarakat usia dewasa. Prevalensi  Arthritis  di  dunia  relatif  konstan  yaitu  berkisar  antara  0,5-1%. Jumlah dewasa yang memiliki riwayat penyakit arthritis di Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi Jember sebanyak 234 orang (54,29%). Terapi non farmakologi yang berupa demonstrasi tanaman obat keluarga atau toga yang digunakan untuk membuat infuswater dan senam anti rematik sebagai alternative yang mudah untuk pencegahan penyakit arthritis tersebut. Kegiatan pengabdian ini menggunakan tiga metode yaitu cerama, demonstrasi dan tutorial. Kegiatan berlangsung dengan lancar, hal tersebut terlihat dari antusiasme peserta.


References


Febriana and Y. M. Sari, “Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Rheumatoid Arthritis Ankle Billateral Di RSUD Saras Husada Purworejo,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

T. Putra, K. Suega, and I. Artana, Pedoman Diagnosis Dan Terapi Ilmu Penyakit Dalam. Surabaya: Bagian/SMF Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Sanglah, 2013.

B. Arfitasari and A. Muhlisin, “Pengaruh Pemberian Pelatihan Senam Rematik Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Penderita Rheumatoid Arthtritis di Desa Mancasan Kec. Baki Kab. Sukoharjo,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Sulistyowati, I. Rahmawati, and M. Ekacahyaningtyas, “Pengaruh Infused Water Lemon Terhadap Kadar Asam Urat Lansia Di Posyandu Lansia Sukorejo Wonogiri,” Stikes Kusuma Husada, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cahya Tribagus Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.