Pemanfaatan E-Sosiometri (Program Analisis Sosiometri) sebagai Need Assesment Tools Bagi Guru Bimbingan dan Konseling SLTP di Kabupaten Padang Pariaman

Rima Pratiwi Fadli(1), Febri Wandha Putra(2), Riskha Hanifa Nasution(3), Ifdil Ifdil(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/00975928

Full Text:    Language : en

Abstract


Perkembangan teknologi dan komunikasi membawa berbagai perubahan pada keilmuan bimbingan dan konseling. Adanya perubahan ini memerlukan inovasi dalam proses asesmen yang dilakukan terhadap siswa. Fenomena di lapangan guru BK masih menggunakan metode manual dan belum memanfaatkan teknologi secara optimal. Berdasarkan hal demikian maka dilakukan pengabdian pelatihan e-sosiometri sebagai need assessment tools. Pelatihan ini dilaksanakan terhadap guru BK yang tergabung di MGBK Tingkat SLTP Kabupaten Padang Pariaman. Pelatihan ini dilakukan dalam rangka mewadahi guru BK dalam penggunaan need assessment berbasis teknologi. Analisis data menggunakan analisis stataistik deskriptif dengan menggunakan software analisis Jeffreys's Amazing Statistics Program (JASP). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta mendapatkan manfaat dan aplikasi pada pengabdian ini dan sangat bermanfaat bagi guru BK dalam pelaksanaan studi kebutuhan terhadap siswa.

References


Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Perkembangan teknologi dan komunikasi dalam pendidikan. FKIP e-PROCEEDING, 1-5.

Attika, S., & Sukardi, T. (2021). Penerapan Media Teknologi dalam Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 7(1), 23-28.

Ayub, M., & Marjo, H. K. (2022). Etika profesi konselor dalam pelaksanaan layanan konseling online abad 21. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11799-11806.

Ayub, M., Nuryana, E., & Herdi, H. (2022). Peran Konselor Profesional Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(2), 53-62.

Burhani, I. K., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Inovasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Era Society 5.0. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 683-698.

Firsa, A. Z. (2023). Guru BK dalam Menjawab Tantangan di Era Digital. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 9(2), 143-149.

Habibah, U. (2019). Ekonstikultural (E-konseling multikultural di era digital). SEMBIKA: Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling,

Harum, A., Saman, A., & Malik, M. A. (2015). Pengembangan Program Sosiometri Sebagai Media Pengungkapan Hubungan Sosial Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol, 1(2).

Haryati, A. (2020). Online counseling sebagai alternatif strategi konselor dalam melaksanakan pelayanan e-counseling di era industri 4.0. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 27-38.

Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konseling online sebagai salah satu bentuk pelayanan e-konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 15-22.

Ifdil, I., Fadli, R. P., Sin, T. H., Zola, N., Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2022). Pelatihan aplikasi digital pengolahan AUM seri-PTSDL berbasis website bagi guru bimbingan dan konseling SLTA di Sumatera Barat. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(2), 326-338.

Ifdil, I., Ilyas, A., Churnia, E., Erwinda, L., Zola, N., Fadli, R. P., Sari, A., & Refnadi, R. (2017). Pengolahan Alat Ungkap Masalah (AUM) dengan menggunakan komputer bagi konselor. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 17-24.

Ifdil, I., Sin, T. H., & Fadli, R. P. (2021). Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Pengolahan Alat Ungkap Masalah (AUM) berbasis Website ditinjau dari gender. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(3), 350-355.

Ifdil, I., Zola, N., Fadli, R. P., Putri, Y. E., Syahputra, Y., & Fitria, L. (2023). Evaluasi kepuasan peserta workshop aplikasi digital AUM seri PTSDL berbasis web di Sumatera Barat. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 877-883.

Ilyas, A., Ifdil, I., Ardi, Z., Fadli, R. P., Erwinda, L., Churnia, E., Alizamar, A., Daharnis, D., Rangka, I. B., & Suranata, K. (2018). Validation of AUM software: A counselor tool for analyse human problems on counseling and educational practice. Journal of Physics: Conference Series,

Imaningtyas, I., & Radjah, C. L. (2019). Inovasi Penyusunan Program dan Pelaksanaan Asesmen Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbasis Information dan Communication Technologies (ICT). Wineka Media.

Jalil, M. N. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Counseling Sebagai Upaya Meningkatkan Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 11-20.

Khomarudin, A. N., Novita, R., & Anita, R. S. (2022). Pengembangan Aplikasi Hybrid Mobile Sosiometri sebagai media pendukung pembelajaran di laboratorium bimbingan konseling. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 339-354.

Lestari, I., Ningrum, A. N. C., & Cikal, R. A. (2023). Konselor di Era Milenial. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (SMAILING),

Mansyur, A. I., & Kusuma, R. M. (2019). Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). Jurnal Suloh, 4(1).

Manuardi, A. R., & Fatimah, S. (2021). E-Counseling IKIP Siliwangi sebagai Primadona Pelayanan Pasca Pandemi:(Kajian dalam Perspektif Teknologi Informasi dan Komunikasi Bimbingan & Konseling). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 38-47.

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975-1805.

Rahmi, S. (2018). Pengembangan Asesmen Nontes dalam Konseling Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh].

Rimayati, E. (2023). Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital. Asadel Liamsindo Teknologi.

Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 144-156.

Roza, W., Sari, Y. G., Putra, B. E., & Putri, D. A. E. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Di Dunia Pendidikan. Jurnal Binagogik, 10(2), 89-98.

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.

Wahyuni, S. (2016). Assessment dalam Bimbingan dan Konseling. Hikmah, 10(2).

Wibowo, A. E. (2021). Keterampilan E-Counseling Bagi Konselor Pendidikan Dalam Meningkatkan Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Pada Era Digital 5.0. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 5(2), 67-78.

Yuliansyah, M., & Herman, M. (2018). Teknik Sosiometri Dalam Asesmen Pelayanan Konseling Pada Kepala Sekolah Dan Guru Sdn Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 25-29.

Yusri, Y., & Yendi, F. M. (2017). Pelatihan pemanfaatan program analisis sosiometri dalam pelayanan bimbingan dan konseling bagi konselor. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 35-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.