The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara online atau jarak jauh di Indonesia sejak pandemi COVID-19. Selama pembelajaran daring terdapat kendala dan hambatan yang dirasakan mahasiswa, sehingga ada mahasiswa yang mengalami depresi akademik selama pembelajaran daring, yang disebabkan ketidakmampuan dan ketidaksiapan mahasiswa untuk beradaptasi dengan tekanan dan tuntutan belajar untuk menyesuaikan diri selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan gambaran umum depresi akademik yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring dalam pendidikan tinggi vokasi berdampak secara psikologis, yaitu menyebabkan mahasiswa mempunyai taraf depresi diatas normal dampak pembelajran daring